News

Nasrul Abit lebih dari 30 M Perputaran Uang di Kabupaten Limapuluhkota

Limapukuahkota, jurnalminang.com – Nasrul Abid wakil gubernur Sumatra Barat mengunjungi kabupaten Limapuluh Kota mengungkapkan , produksi telor ayam senilai Rp. 30 miliar perhari.

Hal itu diungkapkanya, usai ia mengunjungi peternakan ayam petelor Edvam, milik Jhon Eddy, di Jorong Gelugus. Kanagarian Sungai Talang. Kecamatan Guguak. Kab Limapuluahkota. Selasa 21/7. Ini sebuah potensi ekonomi yang harus kita kembangkan.

Namun, kata wakil Gubernur Nasrul Abid. Untuk sampai dilokasi – lokasi peternakan ayam itu, harus melalui perjuangan, karena infrastruktur jalan belum memadai dan jelek.

“Bisa jadi karena mereka pengusaha pribumi asli, dan ini harus jadi perhatian kita bersama,” ujar Nasrul Abit.

Pada bagian lain Wakil Gubernur Sumbar mengatakan, dilokasi peternakan ayam petelor itu perlu tata ruang tersendiri, meski lokasi itu sudah jauh dari daerah hunian, dikawatirkan sewaktu-waktu masyarakat kekurangan lahan sehingga mendesak ke daerah ini.

Jadi untuk keamanan dan kesehatan masyarakat perlu ditata ruang khusus, agar usaha itu dapat berkembang.

Menurutnya, peternakan ayam salah satu alternatif untuk dikembangkan di kota dan Kabupaten lain terutama daerah-daerah yang ekonominya masih belum kuat.

Milti effek usaha itu juga berdampak baik bagi petani, khususnya petani jagung, sebab kebutuhan akan pakan ayam petelor ini mencapai 450 ton setiap hari.

Nasrul Abit ingatkan masyarakat juga bisa memanfatkan lahan kosong untuk menanam jagung pakan ternak ayam petelur, karena bisnis ayam layer ini memiliki prospek.

Ada beberapa keunggulan dibandingkan ayam pedaging, yaitu dalam hal memberikan pendapatan yang lebih stabil dan masa produktif yang lebih lama. Ayam petelur cenderung memberikan pendapatan yang lebih stabil karena produksi telur dihasilkan setiap hari.

Jhon Edi juga mengungkapkan rasa senang dan bangganya akan kunjungan Nasrul Abit kelokasi usaha ternaknya walaupun kondisi jalan yang jelek.

“Walaupun jauh dari perkampungan dan jalan yang kurang baik pak Nasrul Abit tak egan sedìkitpun mengunjungi kami. Semoga kunjungan beliau memberikan kebaikan bagi kami dan kebaikan juga bagi kemajuan pembangunan Sumatera Barat ke depan,” sebutnya bangga.(Joli)

Related posts

Indra Gunalan dan Hendri Arnis Kembali Berpeluang

Admin Jurnal Minang

Pendukung Diminta Bersabar, Riza Falepi Kita Tunggu Keputusan DPP

Admin Jurnal Minang

Wakil Ketua DPRD Anton Yondra, Mengunjungi Sub Posko Covid – 19

Admin Jurnal Minang

Leave a Comment