News  

Nagari Pariangan Satu Satunya Wakil Tanah Datar di 100 Besar ADWI 2022

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Nagari Pariangan adalah satu satunya nagari wakil Tanah Datar yang tersisa pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) th 2022. Peserta ADWI SE Indonesia awalnya sekitar 7000 Desa Wisata. Kemudian dijadikan 800 bear, 500 besar, 300 besar, 100 besar dan menuju 50 besar.

Awalnya Tanah Datar mengusulkan 4 nagari. Kemudian di 500 besar tersisa 3 nagari yaitu Pariangan, III Koto dengan Aua Sarumpun nya, dan Nagari Andaleh dg wisata bunga nya. Kemudian pada peringkat 300 besar, tersisa nagari Pariangan dan III Koto. Setelah dilakukan lagi penilaian oleh juri di tingkat Nasional untuk 100 besar, akhirnya Pariangan yang masih tetap berjaya.

Untuk menyikapi ini, seluruh stakeholder terkait di nagari bersatu untuk mempersiapkan segala data data yang diminta oleh dewan juri. Salah satu yang menarik bagi dewan juri di nagari Pariangan adalah berkembangnya UMKM Batik Kuno Minangkabau. Dan yang lebih menonjol lagi adalah munculnya inovasi pewarna alam yang terbuat dari ampas kopi yang dikembangkan melalui penelitian oleh Rina Aziz (pemilik kopi Kiniko) dibawah bimbingan Prof. Azril.

Untuk menuju 50 besar ini, berbagai data dan layanan juga sudah disiapkan. Website Pokdarwis nagari Pariangan pun sudah bisa diakses melalui: www.pokdarwispariangan.com.

Sementara itu Pengarah Pokdarwis Nagari Pariangan yang juga peneliti kebudayaan dan akademisi di IAIN Batusangkar Dr (cand) Irwan Malin Basa, M.Pd mengatakan, potensi wisata di nagari Pariangan memang sangat lengkap. Mulai dari wisata budaya, sejarah, religi, alam, kearifan lokal serta sumber sumber pengetahuan adat masih bisa dijumpai di Pariangan.

Wali nagari Pariangan Edison, SH berharap Pariangan akan masuk 50 besar dan bisa menjadi juara satu. Mohon dukungan kita semua.

Baca Juga :  IAI Sumbar Akan Adakan Acara Manyilau Nagari

Pengumuman 50 besar menurut informasi dari panitia akan diumumkan tgl 26 April 2022. Bravo Pariangan, bravo wisata Tanah Datar. (Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600