News  

Nagari Batu Taba Baralek Gadang; Revitalisasi Seni Budaya di Segala Lini

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News & Web TV. Jika tidak ada aral melintang, Nagari Batu Taba akan melakukan peresmian Sasaran Silek Langkah Ampek yang terkenal yaitu Silek Junguik Sati pada hari Sabtu – Minggu, 27-28 November 2021 di Batu Taba. Kegiatan ini didukung penuh oleh Ketua KAN Batu Taba Basrizal Dt.Panghulu Basa serta Wali Nagari Batu Taba Destriyanto.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari ditunjuknya Batu Taba sebagai salah satu nagari pilot project Daya Budaya Desa bersama nagari Pariangan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI. Arfanita, S.Pd ditunjuk sebagai Pendamping Daya Budaya Desa di nagari Batu Taba.

Kegiatan Baralek Gadang ini akan diisi dengan berbagai kegiatan budaya seperti manjujuang talam bajamba, diskusi silat, nonton film silat, pasanbahan, penampilan silat dan lain lain.

Masyarakat nagari Batu Taba sangat antusias dengan kegiatan revitalisasi budaya ini karena nagari Batu Taba adalah salah satu nagari yang memiliki tradisi budaya yang kaya dengan nilai nilai adat dan agama semenjak zaman dahulu.

Tokoh agama dan pemikir besar Minangkabau juga lahir dari Batu Taba yaitu Angku Angin (ada juga yang menyebutnya Inyiak Angin) yang merupakan guru dari Inyiak Canduang.

Kegiatan peresmian Sasaran Silek ini mengundang beberapa pejabat terkait, praktisi, akademisi serta pemerhati seni budaya termasuk tokoh tokoh silek. Bravo Batu Taba. (Red/JM).

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Badan Pusat Statistik Siapkan Petugas Pencacah Lapangan
banner 120x600