News  

Nagari Baringin Gelar Musyawarah Hasil Survey Mawas Diri (SMD)

Tanah Datar, Jurnal Minang. Com  News&Web TV. Guna memajukan Nagari Baringin di bidang kesehatan, Nagari Baringin melaksanakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) guna membahas tentang hasil Survei Mawas Diri (SMD) dan mencari pemecahan masalah kesehatan serta langkah-langkah kegiatan yang disesuaikan pengembangan Desa/Nagari dan Nagari Siaga Aktif Nagari Baringin, Rabu (30/3) bertempat di Aula Kantor wali nagari  Baringin.

Wali Nagari Baringin H. Irman Idrus  pada kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan ini difasilitasi oleh  UPT Puskesmas Lima Kaum I yang telah melakukan survey masalah kesehatan masyarakat nagari Baringin.

“Dengan adanya survei dari Puskesmas Lima Kaum I ini  kita akan melihat secara obyektif  bagaimana tingkat kesehatan masyarakat nagari Baringin  yang selama ini kita hanya meraba-raba saja, “ ujar H. Irman Idrus.

Kepala UPT Puskesmas Lima Kaum I dr. Reg Adil melaporkan, pelaksanaan survey yang bertujuan  menggambarkan hasil identifikasi kebutuhan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Lima Kaum I. Sedangkan tujuan khusus adalah memberikan informasi tentang data-data kesehatan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Lima Kaum I dan menjelaskan masalah-masalah kesehatan yang terdapat di wilayah kerja Puskesmas Lima Kaum I.

Adapun latar belakang kegiatan SMD adalah, Puskesmas  merupakan  pusat kesehatan masyarakat yang memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu  kepada masyarakat. Pelayanan yang diberikan ini juga dengan memperhatikan kebutuhan, harapan serta situasi masyarakat  di wilayah kerjanya dan kebutuhan  serta harapan masyarakat maupun sasaran program dapat diidentifikasi  melalui survey, kotak saran maupun tatap muka dengan tokoh masyarakat.

Acara Musyawarah  Masyarakat Desa (MMD) tersebut dihadiri oleh Ketua BPRN Baringin, Ketua KAN Baringin Ketua TP PKK Nagari Baringin, Kepala Jorong Baringin, Kepala Jorong Malana Ponco, Kepala Jorong Bukit Gombak, Kepala Jorong Jati, Kepala Jorong Belakang Pajak, Kepala Jorong Jalan Minang, Kepala Jorong Parak Jua, Kepala Jorong Pasar, Kepala Jorong Diponegoro, Ketua LU Bundo Kanduang dan Pengurus Rumah Desa Sehat (RDS) Nagari Baringin. (KD/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600