Budaya Literasi Budaya News

Menyusuri Jejak Rumah Nenek Mega di Indrapura

Padang, Jurnalminang Com. Sebuah ekspedisi mencari jejak rumah nenek Megawati Soekarnoputri di Indrapura atau yang disebut juga Indopuro, kab. Pesisir Selatan sudah dimulai. Hal ini diungkapkan oleh Dian Ihkwan (salah seorang pencinta keminangkabauan serta pengurus DPD PDIP provinsi Sumatera Barat) kepada Jurnalminang, Jumat 25/09/2020 ketika membahas Napak Tilas pencarian jejak rumah gadang dan kampung asal nenek Megawati ini.

“Tim surveyor sudah lebih dahuluan bergerak dan sudah menemukan bekas rumah gadang nenek Gadijah (ada juga yang menyebut Khadijah) yang merupakan orang tua Fatmawati dan mertua presiden pertama RI Ir.Soekarno” urai Dian.

Rumah tersebut yang tersisa hanya bekas sandi sandi dan batu tempat berdirinya tiang rumah gadang dahulunya. Namun pihak keluarga yang ditemui di daerah Indopuro tersebut mengakui semuanya bahwa disana memang bekas rumah gadang nenek Gadijah dahulunya. Mereka dengan senang hati menerima apabila Megawati dan keluarga bersedia merekonstruksi kembali bangunan rumah gadang tersebut

Mengenai status tanahnya kini dikuasai oleh pihak keluarga terdekat namun jika diperlukan untuk dibangun kembali mereka bersedia memberikan nya. “Tanah itu memang milik nenek Gadijah dahulunya” ucap beberapa tetua kampung disana.

Untuk mengumpulkan data serta mendokumentasikan seluruh lokasi tersebut dikirim tim yang mengerti sejarah dan memiliki akses ke daerah Indopuro tersebut. Jika kelak program ini berjalan sukses dan mendapatkan sambutan dari keluarga Megawati Soekarnoputri tentu akan semakin memperjelas dan mempertegas garis keturunan dari pihak ibu (matrilinial) bahwa Megawati dan Puan Maharani adalah benar benar anak kemenakan orang Minangkabau. Tidak ada yang bisa membantah nya. (Red.Jm).

Related posts

RSUD M. Ali Hanafiah Serahkan 38 Hewan Qurban

Admin Jurnal Minang

Panen, Bupati Irfendi Arbi Pastikan Ketersediaan Pangan

Admin Jurnal Minang

IAIN Batusangkar Miliki 5 Calon Rektor

Admin Jurnal Minang

Leave a Comment