Mentri Sandiaga Uno dan Gubernur Sumbar Kagumi UMKM Batik Pariangan

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansyarullah mengunjungi UMKM Batik Pariangan, Rabu 6 Juli 2022 pada saat acara penandatanganan ADWI 2022 di nagari Pariangan karena Pariangan masuk peringkat 50 besar ADWI th ini.

Sandiaga Uno dan Buya Mahyeldi melihat seluruh kain batik yang ada di galery batik Pariangan tersebut dan berdiskusi dengan pelaku UMKM Batik serta diliput oleh puluhan media cetak dan elektronik baik lokal maupun nasional.

Sejarah dan seluk beluk batik Pariangan ini dijelaskan oleh pelopor batik Pariangan Irwan Malin Basa dan didampingi pula oleh ketua kelompok pengelola batik Pariangan Zelmawati.

“Motif Batik Pariangan ini kami ambil dari iluminasi manuskrip kuno Minangkabau yang ada di nagari Pariangan. Ada yang memakai pewarna alam dan ada juga yang pewarna sintetis,” urai Irwan Malin Basa.

Batik kuno Pariangan mylei dikembangkan oleh Irwan Malin Basa dkk pada tahun 2017 melalui sebuah riset yang cukup panjang sehingga bisa diproduksi. Kini batik Pariangan sudah go nasional dan bahkan sudah ada yang dibeli oleh wisatawan dari mancanegara.

Mentri Pariwisata dan gubernur Sumbar menuju perkembangan UMKM ini. Mereka berdua ikut memberikan tanda tangan di dua buah master batik yang akan dibuat.

“oke, siap. Saya tanda tangani. Tingkat kan terus UMKM Batik ini sehingga bisa menjadi sebuah potensi ekonomi bagi masyarakat. Selamat dan sukses terus. Dan saya ingin mengoleksi dua potong kain batik Pariangan ini” ujar Sandiaga Uno sambil memilih warna batik yang disukai. (Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email