Mentri Agama Lantik Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar dan 6 Rektor Lainnya

Jakarta, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas lantik Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc. sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar, dan juga enam Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), Kamis, 28/7/22.

Prosesi pelantikan berlangsung di Auditorium H.M Rasjidi Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Hadir sebagai saksi, Sekjen Kemenag Nizar Ali dan Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Muhammad Ali Ramdhani.

Menag Yaqut Cholil Qoumas berpesan agar rektor yang dilantik mampu membuktikan bahwa mereka amanah, tepat, dan layak untuk memimpin dan memajukan PTKIN di Indonesia.

“Transformasi dari IAIN (Institut Agama Islam Negeri) menjadi UIN (Universitas Islam Negeri) harus betul-betul dikawal transisinya sehingga memenuhi tujuan yang diharapkan,” kata Menag Yaqut.
PTKIN, lanjut Menag Yaqut, diharapkan mampu melahirkan intelektual berkarakter yang menyadari tanggung jawab moral sebagai kaum intelektual dan sekaligus agamawan.

“PTKIN bukan sekedar tempat mencetak sarjana, melainkan harus bisa melahirkan intelektual yang agamawan dan agamawan yang intelek,” tegas Menag Yaqut.

Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc. menyampaikan terima kasih kepada seluruh keluarga besar UIN Mahmud Yunus Batusangkar dan kepada berbagai pihak yang telah memberikan dukungan kesempurnaan Transformasi UIN Mahmud Yunus Batusangkar “Kampus Sains Islam Refleksi Surau Minangkabau.” Semoga amanah yang diberikan kepada saya dapat dijalankan dengan baik.

Tentunya kita akan menjalankan pesan-pesan apa yang telah ditegaskan oleh Menag dalam sambutanya, ini menjadi acuan kedepan dalam menjalankan program-program dengan baik dan akan selalu berikhtiar membawa UIN Mahmud Yunus Batusangkar lebih baik dan lebih maju lagi,” harap prof.

Berikut ini daftar Rektor PTKIN yang dilantik bersama Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar:

  1. Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.Ag., sebagai Rektor UIN Ar Raniry Banda Aceh;
  2. Prof. Dr. Ridha Ahida, M.Hum., sebagai Rektor UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi;
  3. Prof. Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., sebagai Rektor UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan;
  4. Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag., sebagai Rektor UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan;
  5. Prof. Dr. Zakiyuddin, M.Ag., sebagai Rektor UIN Salatiga.
  6. Dr. Syarif, S.Ag., M.A., sebagai Rektor IAIN Pontianak;
Baca Juga :  Bupati Eka Putra: Perbedaan di Tengah Umat itu Adalah Rahmat

Berbagai ucapan selamat berdatangan dari berbagai pihak dengan harapan dapat membawa UIN Mahmud Yunus Batusangkar menjadi kampus yang maju. (DO/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600