Pariwisata

Membangun Ngalau Pangian Kembali di Lintau, Kabupaten Tanah Datar

Tanah Datar – Objek Wisata Ngalau Indah Pangian yang terletak di Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar segera akan dibenahi dalam waktu dekat. Objek wisata ini sempat ditutup pada 2015 lalu karena terjadinya longsor pada dinding tebing jalan menuju mulut goa, yang saat itu sempat merusak akses jalan menuju ke mulut goa.

Di dalam goa yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki, banyak sekali pemandangan indah yang dapat dijumpai.. Diantaranya, Stalagmit ( pembentukan gua secara vertikal (tumbuh dari bawah ke atas). Stalagmit terbentuk dari kumpulan kalsit yang berasal dari air yang menetes. Stalagmit ditemukan di lantai gua, biasanya langsung ditemukan di bawah stalaktit) dan Stalaktit ( jenis speleothem yang menggantung dari langit-langit gua kapur. Ia termasuk dalam jenis batu tetes. Stalaktit terbentuk dari pengendapan kalsium karbonat dan mineral lainnya, yang terendapkan pada larutan air bermineral).

Foto dari instagram : amuri566_photograp

Selain itu berjalan di dalam goa, kita akan diwarnai dengan suara-suara tetesan air, kicauan kelelawar, dan burung walet. Air yang sejuk dan segar yang terdapat di dinding2 goa menambah sejuknya perjalanan menelusuri gelapnya goa sepanjang lebih kurang 1 km tersebut.

Foto dari instgram : amuri566_photograp

Ngalau Indah Pangian, merupakan Gua Terindah di Asia Tenggara. ( Ngalau Indah Pangian, The Most Beautiful Cave of Southeast Asia. )

Objek wisata ini memiliki keindahan yang luar biasa. Pada tahun 2020 ini, ngalau tersebut akan dikelola dengan serius.(amuri566_photograp)

Related posts

Wakasad meriahkan acara Bukit Barisan Gowes Ranah Minang 2020

Admin Jurnal Minang

Dinas Parpora Tanah Datar Berikan Pelatihan Pemandu Wisata

Admin Jurnal Minang

Ini Aset Budaya Ratusan Tahun Tanah Datar yang Kerap Jadi Sorotan

Admin Jurnal Minang

Leave a Comment