News  

Memaknai Pejabat Baru di Lingkungan Pemda Tanah Datar

Sebuah Opini. Oleh: Muhammad Intania, SH Sekretaris LBH Pusako

Tepat 203 (dua ratus tiga) hari semenjak dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar, Eka-Richi akhirnya mengumumkan susunan pejabat di lingkungan Pemerintah Tanah Datar kepada publik untuk eselon III (tiga) dan IV (empat). Sementara pejabat eselon II menunggu proses asesmen.

Sebanyak 298 orang pejabat telah dilantik pada hari Jum’at, 17 September 2021 di Gedung Nasional Maharajo Dirajo, Batusangkar.  Namun proses pelantikan eselon III dan IV didahulukan dari Eselon II ini sebuah fenomena baru di Tanah Datar. “Kamanakan didahulukan daripado mamak”. Itulah Era Baru, barangkali.

Pelantikan ini dapat dikategorikan sebagai perombakan besar susunan pejabat setingkat Pejabat Pengawas dan Pejabat Administrator serta Kepala UPT Puskesmas di Tanah Datar yang ditetapkan setelah melalui proses asesmen dan pertimbangan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat). Atau mungkin ada karena pertimbangan pertimbangan lain, Wallahu alam.

Adapun struktur pejabat yang dilantik tersebut dikategorikan sebagai berikut:

  1. 22 pejabat Kepala UPT Puskesmas
  2. 11 Kepala Bagian (Kabag)
  3. 44 Kepala Bidang (Kabid)
  4. 16 Sekretaris
  5. 13 Camat
  6. 6 Sekretaris Camat (Sekcam)
  7. 3 Inspektur Pembantu Wilayah
  8. 1 Direktur Rumah Sakit Umum Daerah
  9. 87 Kepala Sub Bagian (Kasubag)
  10. 92 Kepala Seksi (Kasi), dan
  11.  3 Kepala UPT

Dengan perombakan susunan pejabat setingkat Eselon III dan IV di tubuh Pemerintahan Era Baru ini, maka dapat dimaknai bahwa Eka-Richi sudah menetapkan pilihan “the right man on the right place” sesuai indikator dan pertimbangan yang ada. Harapannya, mereka dapat menggerakkan roda pemerintahan guna mencapai visi misi Era Baru dan merealisasikan program unggulan yang sudah ditetapkan.

Sayangnya perombakan susunan pejabat ini tidak menyertakan informasi apakah pejabat yang dilantik tersebut merupakan pejabat yang di mutasi, dirotasi ataupun dipromosikan. Adapula pejabat yang mungkin merasa seolah olah “kena sanksi” meskipun belum tentu benar. Ada pula yang mungkin salah pasang atau salah samek karena memenuhi kebutuhan “selera” pihak tertentu.

Baca Juga :  Tim Penilai Posyantek Berprestasi dan TTG Apreasiasi Pemkab Tanah Datar

Namun begitu, setidaknya, dengan telah ditetapkan susunan tim baru di lingkungan Pemerintah Tanah Datar ini, maka tidak ada alasan lagi bagi Eka-Richi untuk menunda pekerjaan rumah kabupaten. Misalnya, Pemilihan Wali Nagari, penetapan tapal batas Nagari, penetapan kalender tahunan event parawisata, menyelesaikan status hukum asset daerah, dan pengelolaan keuangan daerah yang efisien dan transparan, termasuk membayarkan TPP yang masih tertunda.

Agaknya Kepala Daerah sudah harus lebih fokus dan visioner pada strategi pencapaian program kerja, menunjukkan kemampuan managerial skill, delegasi, dan komitmen pada waktu dan pencapaian target sesuai waktu. Kalau tidak tercapai, mutasi lagi!

Dengan demikian, sudah saatnya Eka-Richi untuk mengurangi kegiatan-kegiatan diluar yang sifatnya seremonial dan harus fokus mengendalikan tim  dalam mencapai program kerja dan membenahi sistim birokrasi agar lebih efisien dan professional. Seperti Eka-Richi harus berani mengeluarkan Peraturan Bupati mengenai durasi pelayanan perijinan, durasi pelayanan masyarakat, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang habis waktu dan energi ke Pagaruyung harus kesana kemari hanya untuk mengurus satu keperluan. Oleh karena itu, tingkatkan akses layanan publik yang lebih baik lagi.

Eka-Richi sudah saatnya menunjukkan “political will” yang terukur dan terencana untuk membangun Tanah Datar dengan menggerakkan semua elemen yang ada. Mengurangi ketergantungan dari para “pembisik” dan senantiasa cerdas melakukan double check atas sebuah peristiwa. 

Saatnya kini, harus dihilangkan pemikiran melihat sesuatu hal dari sudut kepentingan pribadi / kepentingan kelompok saja, melainkan harus dilihat secara global untuk kepentingan bersama. 

Selamat bekerja dan selamat membangun Tanah Datar sesuai visi misi yang disepakati.

— sekian — 

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600