‘Makan Bajamba’ Hiasi Pembukaan Festival Budaya Desa Terindah Pariangan

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Selain penampilan seni budaya pada acara pembukaan festival budaya desa terindah Pariangan, juga ditampilkan prosesi ‘makan bajamba’ yang sangat menarik bagi pengunjung yang hadir.

Setelah selesai acara pembukaan, para tamu disuguhi hidangan ‘makan bajamba’ yang secara tradisional sudah ada dalam berbagai acara adat di sebagian besar nagari di Minangkabau.

Para kaum ibu atau Bundo kanduang membawa sebuah jamba yang berisikan nadi bungkus, lauk pauk, gulai dan kerupuk termasuk buah. Semuanya disajikan dalam satu paket dulang atau talam dan dihidangkan kepada para tamu.

“luar biasa. Inilah tradisi kita makan bersama secara adat. Diawali dengan pasambahan adat. Duduk bersila atau baselo di atas tikar,” ujar Henry seorang jurnalis nasional yang ikut hadir meliput acara pembukaan festival budaya desa terindah Pariangan, Sabtu 25/6/22 di nagari Pariangan.

Makan bajamba sudah mentradisi dari dahulu di Minangkabau walaupun bentuk pelaksanaan nya ada yang berbeda.

“ini bisa menjadi paket wisata menarik untuk ditawarkan kepada wisatawan yang datang ke Pariangan” komentar Warlis bersama rombongan yang ikut hadir di acara pembukaan festival budaya desa terindah Pariangan. (Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Oknum ASN Diduga Mengintimidasi Kuasa Hukum Terkait Sanggahan Proses Sertifikat SMPN 2 Batusangkar
banner 120x600