News  

Mahasiswa UIN Mahmud Yunus Batusangkar Bertabur Prestasi

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar tak henti-hentinya meraih prestasi baik di kancah nasional maupun internasional. Meskipun baru beralih status menjadi UIN Mahmud Yunus namun nama besarnya sudah langsung go nasional bahkan go internasional.

Prestasi terbaru setelah kemenangan pada PonProv sebelumnya adalah Juara 1 International Story Telling Competition yang diraih oleh Putri Amalia Ramadani, mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Putri yang baru duduk pada semester ke-4 ini juga pemenang kedua lomba Olimpiade Agama Sains se-Indoenesia di UIN Ar-Raniry Banda Aceh tahun lalu.

Sementara itu Juara III International Scientific Writing diraih oleh Irma Sari, mahasiswa Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah.

Tak sampai di sana mahasiswa UIN MY Batusangkar memberikan yang terbaik buat kampus, yakni melalui lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional, atas nama Radhia Andina Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) yang meraih juara Pertama, dengan judul karya “Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Fungsi Eksekutif dan Hubungan Guru Anak terhadap Kesiapan Bersekolah.”

Sementara itu pada posisi ke Tiga diraih oleh Aisyah jurusan pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dengan judul karya “Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Menghafal Al-Qur’an secara Online”. Pada ajang lain seperti perhelatan MTQ di berbagai wilayah Sumater Barat, Mahasiswa UIN Mahmud Yunus mencatatkan nama mereka di posisi awal, seperti juara I MTQ tingkat Nasional yang diraih oleh Lailan Najmi yang masih duduk di semester ke-2 Jurusan PAI.

Yang membuat bangga semua pimpinan UIN Mahmud Yunus Batusangkar terhadap perolehan prestasi mahasiswa baru-baru ini, yakni ajang perlelatan MTQ ke-41 pada tanggal 20-24 Juni 2022 di Kabupaten Tanah Datar. Tak tanggung-tanggung. Mahasiswa UIN Mahmud Yunus Batusangkar mendominasi juara pada hampir semua cabang perlombaan yang diikuti.

Baca Juga :  Wabup Richi Aprian Safari Ramadhan Khusus ke Masjid Raya Lima kaum

TIdak hanya sampai di sana, Bayu Vani Nesri mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, juga merih juara ke-2 pada kejuaraan daerah (kejurda) II Penjat Silat di Kab. Solok Selatan provinsi Sumbar.
Rektor Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc mengucapkan apresiasi atas raihan prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa UIN Mahmud Yunus Batusangkar baik tingkat Internasioanal, Nasional maupun daerah.

“Tentu saja prestasi ini menjadi kado istimewa UIN Mahmud Yunus yang baru saja beralih status”. Lebih jauh, Dr. Sirajul Munir, M.Pd yang merupakan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menyampaikan
“Ini adalah hasil kerja keras kita semua dalam memberikan peluang kepada mahasiswa dalam pengembangan potensi akademik maupun non akademik”, tutup Munir. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email