Mahasiswa IAIN Batusangkar Adakan Lomba Tingkat Internasional

  • Bagikan
banner 468x60

Tanah Datar, Jurnal Minang.Com. News&Web TV. Meski kasus pendemi covid-19 masih meningkat, upaya mahasiswa Insititut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar tidak pernah pupus untuk meningkatkan kreativitas. Buktinya Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (HMJ PAI) kembali menggelar kegiatan berskala internasional.

Melalui HMJ PAI IAIN Batusangkar akan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Antar Mahasiswa PAI Se-Asia Tenggara dan Lomba Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ) Antar Mahasiswa PAI Tingkat Nasional, yang insya allah akan dilaksanakan pada tgl 07 September (via daring).

banner 336x280

Dalam keterangannya wakil rektor III IAIN Batusangkar Dr. Sirajul Munir, M.Pd menerangkan melalui kegiatan ini kita jadikan Al quran sebagai spirit generasi muslim inovatif di era milenial, kegiatan berskala internasional dengan mengambil tema “Melestarikan Khazanah Budaya Islam Untuk Generasi Qur’ani.”

Lebih lanjut Sirajul Munir mengatakan dalam waktu dekat melalui Lembaga Kemahasiswaan IAIN Batusangkar akan ada 6 gelaran event internasional dan nasional yang akan dilakukan oleh mahasiswa pada bulan September dan Oktober seperti lomba foto Jurnalistik ASEAN yang akan diangkatkan oleh UKM Idealita dan salah satunya MTQ Internasional ini.

Ketua HMJ PAI Nanda, saat dihubungi menyebutkan bahwa diperkirakan ajang ini akan “diserbu” banyak peserta karena absennya berbagai kompetisi mahasiswa selama Covid 19. “Kegiatan ini sudah menjadi event tahunan di PAI, namun levelnya kami tingkatkan menjadi internasional“ jelas Ketua Panitia.


Sementara itu Dekan FTIK Dr. Adripen, M.Pd menyebutkan kegiatan ini sebagai upaya untuk menjaring dan menemukan bibit unggul dalam pemahaman Al quran dari awal sehingga dapat mengoptimalkan pemahaman dan kemampuan dalam membaca alquran yang lebih baik. Ini juga sebagai upaya untuk mensyiarkan ajaran Islam terutama bagi genarasi muda khususnya mahasiswa,” ungkap dekan tersebut.

Baca Juga :  DPRD Payakumbuh Dorong Wali Kota Siapkan Kriteria Penerima Bantuan

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari Rektor IAIN Batusangkar. “Saya bangga dengan kreativitas-kreativitas yang dimunculkan oleh mahasiswa yang tidak pernah berhenti walaupun kita masih dilanda pendemi covid-19” ucap Rektor Dr. Marjoni Imamora, M.Sc.
“semoga kegiatan MTQ internasional dan MSQ nasional ini menjadi momentum agar mahasiswa lebih dekat dengan Al Qur’an, terutama dalam mengamalkan kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya. (DO/Red.Jm)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan