News  

LBH Pusako Diundang untuk Memberikan Penyuluhan Hukum bagi Generasi Muda Buo

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Sekitar 57 orang generasi muda laki laki dan perempuan Nagari Buo memperoleh pembekalan tentang bahaya narkoba dan penyakit masyarakat (Pekat) serta cara menghadapi penanganan hukum jika terjadi masalah narkoba dan pekat di lingkungan Nagari Buo. Penyuluhan hukum tersebut diberikan oleh Tim LBH Pusako pada Kamis siang hingga sore, 19 Mei 2022 bertempat di gedung sekolah MIS Nagari Buo.

Wali Nagari Buo, Yulkusmayanto, S.Si menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai rangkaian dari program kerja Nagari Buo bertajuk Buo Bersinar Pekat (Buo Bersih Narkoba dan Penyakit Masyarakat). Program Nagari kali ini menyasar para generasi muda dan stake holder Nagari seperti Ninik Mamak, Cerdik Pandai, Alim ulama dan Bundo Kanduang.

Pemateri dari LBH Pusako, Muhammad Intania, SH menilai bahwa program yang dilakukan Wali Nagari Buo ini merupakan program yang responsif menampung keinginan warga Buo dan sekaligus program yang cerdas karena dikombinasikan dengan beragam kegiatan positif dan konstruktif.

“Kami memberikan apresiasi atas langkah konkrit yang ditempuh Pemerintah Nagari Buo untuk membentengi nagarinya atas ancaman bahaya narkoba dan penyakit masyarakat. Semoga upaya nyata ini dapat dilakukan juga oleh nagari nagari tetangga sehingga penyebaran bahaya narkoba dan penyakit masyarakat di Kecamatan Lintau Buo dan Kecamatan Lintau Buo Utara dapat ditekan seminimal mungkin” ujar Muhammad Intania, SH.

Penyuluhan hukum tentang bahaya narkoba dan pekat serta penanganan hukum bila terjadi masalah narkoba dan pekat ini diberikan oleh Tim LBH Pusako dengan cara interaktif diselingi dengan beberapa games sebagai ice breaker agar peserta tidak bosan serta memberikan hadiah coklat bagi peserta yang menonjol.

Baca Juga :  RPJMD Bidang Kebudayaan di Tanah Datar Masih Minus

Kegiatan program ‘Buo Bersinar Pekat’ ini dimulai sejak hari Rabu, 18 Mei 2022 dengan mengadakan kegiatan penyuluhan bahaya Narkoba dengan narasumber dari BNN Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Sosial & PPA disertai pertandingan tenis meja antar pemuda. Dilanjutkan dengan penyuluhan di hari kedua dengan narasumber dari Kasat Narkoba Polres Tanah Datar di sesi pertama dan narasumber LBH Pusako di sesi kedua.

Rangkaian Program Buo Bersinar Pekat ini ditutup dengan kegiatan Jalan Santai Warga Buo pada hari Sabtu, 20 Mei 2022. (Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600