LBH Pusako Bahas Kinerja 100 Hari Pemerintahan Eka Richi

Tanah Datar, Jurnal Minang. Com. News&Web TV. Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pusako Batusangkar mengadakan diskusi publik tentang 100 hari kinerja pemerintahan Eka Richi, Jumat, 18 Juni 2021 di Kantor LBH Pusako. Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, pimpinan ormas dan akademisi.

Acara ini sangat menarik karena diliput oleh media dan akan disiarkan ulang melalui program Podcast Jurnal Minang. Acara yang dimoderatori oleh Muhammad Yuner, SH., MH ini berjalan lancar dari awal sampai akhir.

Acara diawali dengan  pemaparan kondisi terkini mengenai isu isu pemerintahan daerah yang bergulir di masyarakat. Irwan Malin Basa menjelaskan dengan data dan fakta seputar pemerintahan Eka Richi dan apa saja yang sudah dilakukan oleh Era Baru selama 100 hari pemerintahannya.

Kemudian ditanggapi oleh Muhammad Intania yang selama ini memang banyak memiliki perhatian terhadap pemerintah daerah serta kebijakan Eka Richi. Kemudian dibahas pula oleh seorang tokoh politik yang sudah senior yaitu Basrizal, Dt. Panghulu Basa yang sudah kenyang dengan Asam garam perpolitikan di Tanah Datar dan Sumatera Barat.

“sampai kini masyarakat Tanah Datar masih menunggu nunggu apa yabg sedang dan telah dikerjakan Eka Richi selama 100 hari pemerintahan mereka. Yaa… sampaikan lah ke publik agar publik tahu. Komunikasi politik harus dilakukan dan transparan lah pada masyarakat” ujar Basrizal, Dt.Panghulu Basa yang pernah dua kali menjadi anggota DPRD Tanah Datar.

Diskusi ini ditanggapi pula oleh Novi Budiman, S.IP, M.IP seorang dosen ilmu politik dari IAIN Batusangkar. Novi Budiman adalah ilmuan politik alumni Universitas Gajah Mada Yogyakarta dan sudah berpengalaman dengan berbagai kajian politik dan survey politik di tingkat nasional.

Baca Juga :  DPRD Tanah Datar Setujui Ranperda Perubahan APBD th 2021

“Tanah Datar ini harus dibangun dengan berbasis data. Kemudian lakukan pemetaan potensi daerah dan fikirkan tantangan kedepan dengan berbagai analisis. Pemerintah Daerah harus berfikir membuat inovasi, bukan hanya rutinitas saja” Jelas Nopi Budiman.

Dari diskusi tersebut disimpulkan bahwa pemerintah Era Baru harus mengkomunikasikan kepada masyarakat apa saja yang sudah mereka perbuat. “Selama ini hampir semua janji politik Eka Richi sudah mulai dituangkan kedalam RPJMD dan akan dieksekusi” tambah Irwan Malin Basa.

Mungkin waktu yang paling tepat untuk melihat kebijakan Eka Richi ini tentu setelah melantik pejabat OPD nanti karena secara teknis pejabat yang baru akan dilantik paling cepat tgl 26 Agustus 2021 nanti. (Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600