News  

Lapangan Cindua Mato Masih Terbengkalai, Sholat Idul Fitri 1443 H Direncanakan di Lapangan Gumarang Batusangkar

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Semenjak lapangan Cindua Mato dirubah menjadi taman dan masih terbengkalai pembangunannya sampai kini, banyak masalah yang muncul. Salah satunya pelaksanaan sholat idul Fitri dan idul Adha.

Pengurus Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Tanah Datar telah menyepakati pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1443 H dipusatkan di lapangan sepak bola Gumarang, Batusangkar, dengan catatan jika cuaca cerah dan tidak hujan. Jika hujan turun, pelaksanaan sholat ied dilaksanakan pada 7 masjid dalam Kota Batusangkar.

Kesepakatan itu diambil dalam rapat di Gedung Indo Jolito Batusangkar yang dipimpin Wakil Bupati Richi Aprian selaku Ketua Umum PHBI Tanah Datar, usai sholat taraweh Senin, (11/04/2022) dari jam 22.00 s/d jam 00.00 Wib.

“Lebaran Idul Fitri 1443 H diperkirakan jatuh pada hari Senin tanggal 2 Mei 2022 dan direncanakan dipusatkan di Lapangan Gumarang Batusangkar,” kata Sekretaris PHBI Tanah Datar Alinardius mengawali kegiatan rapat tadi malam.

Dikatakan, dalam pelaksanaan sholat Idul Fitri di Lapangan Gumarang tersebut akan bertindak sebagai khatib Kol.Muttaqin, M.Ag dan khatib cadangan Drs.H.Syahrul serta imam Alfakhri dan imam cadangan Adrizal.

Dalam rapat tersebut juga disepakati, jika terjadi hujan maka pelaksanaan sholat Idul Fitri dilaksanakan di Masjid Ihsan Batusangkar, Masjid Raya Lantai Batu, Masjid Taqwa Parak Juar, Masjid Al-Faizin Pincuran VII, Masjid Huriyah Malana, Masjid Amaliah Kampung Baru dan Masjid Muhammadiyah Batusangkar.

Wabup Tanah Datar Richi Aprian dalam kesempatan itu berharap pelaksanaan sholat Idul Fitri 1443 H dapat dilaksanakan secara serentak, namun jika terjadi perbedaan PHBI Tanah Datar siap memfasiltasinya.

“Kita berharap, pelaksanaan sholat hari raya sama-sama dilaksanakan pada hari Senin, sehingga kita tidak terlalu repot melaksanakannya,” tutur Wabup Richi Aprian di hadapan Kepala Kemenag Drs.H.Syahrul, Kepala OPD terkait serta pengurus masjid dan mushalla di lingkungan Kota Batusangkar yang masuk Pengurus PHBI Tanah Datar. (KD/Red JM).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600