Koalisi Kerakyatan untuk Tanah Datar Rampung

  • Bagikan
banner 468x60

Tanah Datar, JurnalMinang.Com. “Koalisi Kerakyatan” yang diusung oleh beberapa penggiat demokrasi dan politik yang berasal dari berbagai elemen sudah bisa dikatakan rampung karena sudah dua partai politik mengeluarkan Surat Rekomendasi untuk itu. Kini, tinggal menunggu SK dari partai Hanura sedangkan Nasdem dan PDIP sudah duluan memutuskan. Ketika dikonfirmasi kepada salah seorang tim LO Paslon dari koalisi Kerakyatan ini yang berinisial SY, Minggu, 30 Agustus 2020 membenarkan informasi tersebut seraya mengirimkan foto SK dan Rekomendasi dari dua partai tersebut.

DPP Partai Nasdem mengeluarkan Surat Keputusan untuk mengusung Jon Enardi dengan Syafrudin tertanggal 18 Agustus 2020 dengan nomor surat 145/ Kpts/ DPP – Nasdem/VIII/2020 yabg ditanda tangani langsung oleh Ketua Umum Surya Paloh dan Sekjen Johhny G.Plate. sementara itu DPP Partai PDIP mengeluarkan surat tertanggal 28 Agustus 2020 bernomor 2053/IN/DPP/VIII/2020 yang ditandatangani oleh ketua DPP Bambang Wuryanto dan Sekjen Hasto Kristiyanto.

banner 336x280

“Jika tidak ada aral melintang, surat dari DPP partai Hanura insya Allah akan diterbitkan pada hari Senin, 31 Agustus 2020” ujar SY meyakinkan. Jika surat dari DPP partai Hanura sudah terbit tentu pasangan calon Jon Enardi dan Syafrudin siap untuk mendaftar ke KPU dengan dukungan delapan kursi. Persaingan pilkada Tanah Datar semakin ketat karena kompetitor bertambah.

Menyikapi hal ini, Irwan Malin Basa seorang akademisi yang konsen mengamati perpolitikan di Tanah Datar berpendapat bahwa persaingan di Pilkada semakin ketat. Mengapa? Karena tokoh yang diusung oleh Koalisi Kerakyatan ini memiliki basis suara tertentu pula. Misalnya, Jon Enardi putra Batipuh Selatan merupakan wujud representasi masyarakat Pabasko walaupun belum tentu semua memilihnya nanti. Sementara Syafrudin adalah pensiunan birokrat senior yang terkenal ramah yang berasal dari Simawang dan cukup dikenal oleh berbagai kalangan. Istrinya adalah seorang kader partai PKS yang pernah mencalonkan diri menjadi anggota DPRD provinsi Sumatera Barat pada pileg 2019 yang lalu.

Baca Juga :  Tim Gugus Tugas Limapuluh Kota Konfirmasi Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Limapuluh Kota

“kita harus melihat potensi calon itu secara utuh. Jangan setengah setengah” ujar Irwan. “Semua Paslon memiliki potensi suara. Jangan remehkan Paslon tertentu. Untuk mendapatkan SK dari partai tersebut butuh pengorbanan yang luar biasa” tambah Irwan Malin Basa dengan penuh analisa dan data.

Bagaimana pun semua bisa terjadi dalam politik. Koalisi Kerakyatan ini akan benar benar rampung tentu setelah partai Hanura mengeluarkan SK untuk Paslon Jon Enardi dan Syafrudin. (HR./red.jm).

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan