News  

Khatam Alquran dan Tahfidz di Kuburajo, Limakaum Berjalan Sukses

Tanah Datar, Jurnalminang.com. News&Web TV. Kegiatan perayaan Khatam Al-Qur’an dan Khatam Tahfizh ke-5 LPQ Surau Gudang Nurul Hamdi, Jorong Kuburajo, Nagari Limo Kaum telah berjalan dengan sukses. Kegiatan dilaksanakan di Surau Gudang pada hari Minggu, 20 Maret 2022.

Rangkaian perayaan ini melibatkan semua unsur mulai dari orang tua, pemuda, kaum ibu Salingka Jorong Kubu Rajo dan panitia pelaksana. Mulai dari pemotongan 1 ekor sapi dewasa di pagi hari hingga mengarak anak didik yang lulus khatam keliling jorong diiringi dengan marching band hingga kegiatan seremonial dilakukan dengan semangat gotong-royong.

Perayaan kali ini sebagai bentuk rasa syukur atas berhasilnya mengantarkan anak didik Khatam Al-Qur’an sebanyak 50 orang dan Khatam Tahfizh sebanyak 10 orang.

Hadir dalam perayaan ini Sekretaris Camat Kecamatan Lima Kaum, Wali Nagari Limo Kaum, para orang tua anak didik yang khatam, kaum bapak dan ibu serta pemuda pemudi dan anak anak.

Panitia Pelaksana dalam kata pengantarnya menyampaikan terima kasih atas dukungan segenap donatur sehingga perayaan ini bisa terlaksana dengan baik walau kegiatan ini terlaksana dalam keterbatasan finansial.

Di kesempatan lain, Wali Nagari Limo Kaum, Gusrial memandang kegiatan ini sebagai bentuk evaluasi bersama untuk melihat kesuksesan pendidikan Al-Qur’an bagi anak nagari Limo Kaum. Kemudian sisi budaya perayaan ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan sebagai salah satu bentuk kearifan lokal anak nagari. Dari kegiatan ini kita bisa melihat bentuk kebersamaan setiap komponen anak nagari yang masih terpelihara dengan baik.

Selanjutnya Wali Nagari Limo Kaum menyampaikan terima kasih kepada para Uztad dan Uztadzah yang telah tampa pamrih mendidik dan menciptakan generasi Islami dan berharap kesejahteraan para Guru Mengaji dapat ditingkatkan sejalan dengan program unggulan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar saat ini. (MI/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600