News  

Ketua TACB Nasional Diskusikan Kebudayaan di Tanah Datar

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Ketua Tim Ahli Cagar Budaya Nasional (TACBN) Surya Helmi melakukan diskusi bersama mengenai Cagar Budaya dan Kebudayaan di Kantor BPCB di Batusangkar, Senin, 29 November 2021.

Hadir dalam pertemuan tersebut Anggota TACB kabupaten Tanah Datar, Anggota TACB Sawahlunto, Kabid Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar, Kepala Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Sawahlunto, Kepala BPCB Sumbar beserta jajarannya.

“pemerintah daerah harus mendukung eksistensi TACB karena sudah diatur oleh Undang-undang. Kita harus satu visi untuk melestarikan Cagar Budaya karena Batusangkar adalah Kota Budaya.”

Sementara dari kota Sawahlunto bermunculan pula isu isu strategis untuk pelestarian cagar budaya termasuk warisan dunia dan Geopark.

“kita tidak mesti hanya terbawa euforia dengan perolehan warisan dunia untuk kota tua Sawahlunto. Tapi kita harus pikirkan bagaimana supaya berkembang dan mendatangkan income untuk kota Sawahlunto dan kesejahteraan masyarakat” tegas Surya Helmi yang dulu pernah pula menjabat sebagai Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman di kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Mengenai pengembangan Benteng Ford Vander Capellen di Batusangkar, DED pengembangan nya sudah ada. Sekarang menunggu revisi DED, baru ditindaklanjuti.

“semoga kawasan benteng Ford Vander Capellen ini dapat dikembangkan sehingga memberikan nilai tambah untuk Tanah Datar” harap Surya Helmi. (Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Warga Padang Sikabu, Bangun Jembatan Tani Permanen Secara Swadaya
banner 120x600