News  

Kemenag Tanah Datar dan Dinas Sosial PPA Jalin Kerjasama PKM dan PKH

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar dan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tanah Datar menjalin kerjasama tentang Penyelenggaraan Pembinaan Keagamaan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).

Perjanjian Kerjasama kedua pimpinan instansi tersebut ditandai dengan melakukan penandatanganan MoU/Kerjasama antara Ka Kankemenag Tanah Datar H. Syahrul dan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tanah Datar Afrizon berlangsung di Aula Kemenag, Selasa (23/8).

Penandatanganan Kerjasama disaksikan Kasi Bimas Islam H. Alinardius, para pejabat pada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tanah Datar, para Kepala KUA Kecamatan, Penghulu, Penyuluh Agama Islam Kecamatan dan para Koordinator PKH se Kabupaten Tanah Datar.

Ka Kankemenag H. Syahrul bersyukur dan menyambut baik dengan adanya MoU/ Kerjasama antara Kemenag dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak itu. Semoga Kerjasama di bidang Pembinaan Keagamaan dapat memperoleh manfaat bagi masyarakat keluarga miskin penerima PKH di Kabupaten Tanah Datar, sehingga pembinaan keagamaan tepat sasaran dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Sebelumnya Kemenag melalui Kepala KUA dan Penyuluh Agama Islam di Tanah Datar sudah melakukan pembinaan kepada masyarakat penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) tingkat Nagari dan Kecamatan walaupun belum terikat dengan Perjanjian Kerja dan berharap agar Kerjasama tersebut dapat terlaksana dengan baik dan nantinya masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tanah Datar H. Afrizon dalam sambutannya menjelaskan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Tanah Datar berjumlah 16.022. Mereka itu perlu diberikan pembinaan lebih optimal sehingga menjadi keluarga mandiri dan sehat, baik ekonomi maupun pengalaman Agamanya.

Baca Juga :  Nagari Sungayang Laksanakan Musnag untuk Susun RKP th 2023

Padahal sudah dilakukan pembinaan oleh pendamping PKH, namun belum menyentuh sisi pengalaman keagamaan. Untuk itu dengan menggandeng Kemenag yang memiliki tenaga Penyuluh Agama Islam di setiap Kecamatan dapat membantu memberikan pembinaan melalui pendekatan Agama.
Melalui pembinaan Keagamaan merupakan suatu yang urgen, apalagi misi Bupati Tanah Datar mewujudkan Tanah Datar Madani berdasarkan Adat Basandi Syarak (ABS), Syarak Basandi Kitabullah (SBK). (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email