Kegiatan Pengkajian Kain Tradisional Minangkabau di Nagari Pariangan Dimulai, Museum Kain Akan Didirikan

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Kegiatan Pengkajian Objek Pemajuan Kebudayaan yang fokus kepada pengkajian kain kain tradisional Minangkabau di Pariangan sudah mulai dilakukan. Kegiatan ini dibiayai oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan Ristekdikti melalui Danaindonesiana yang disponsori oleh LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) tahun anggaran 2022/2023.

Kegiatan ini dipimpin oleh Ketua Pengkaji/Peneliti Irwan Malin Basa dan beberapa orang anggota. Kegiatan ini dimulai bulan Oktober 2022 dan akan berakhir untuk tahap I sampai bulan April tahun 2024.

“sekarang kita fokus mengkaji kain tradisional Minangkabau yang pernah ada. Kita menggali kembali apa bentuknya, namanya, fungsinya serta pelestariannya. Kita akan menuliskan seluruhnya tentang kain tradisional tersebut” ujar Irwan Malin Basa ketika berbincang dengan media di lokasi penelitian di nagari Pariangan.

Menurut informasi dari tetua adat dan tokoh masyarakat, kegiatan ini sangat bermanfaat dan didukung oleh segenap pihak karena banyak kain kain tradisional Minangkabau yang sudah punah.

“nanti kita akan terbitkan buku, kita buat duplikat kain, foto, video, dan akan kita pajang di sebuah rumah gadang di Pariangan yang akan kita jadikan museum khusus kain tradisional yang bisa dikunjungi oleh wisatawan” papar Irwan Malin Basa. (Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Baznas Tanah Datar Salurkan Bantuan Beasiswa Sebesar Rp.802 Juta
banner 120x600