Kadis Dukcapil yang Tiada Henti Berinovasi demi Pelayanan Masyarakat

Batusangkar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Dalam rangka meningkatkan layanan kepada masyarakat dan mewujudkan Progul Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar, Dinas Dukcapil Kab. Tanah Datar kembali melaksanakan peningkatan kapasitas SDM Petugas Pelayanan Administrasi Kependudukan melalui Bimbingan Teknis Akselerasi Layanan Adminduk melalui inovasi TRISULA DUKCAPIL MEMBAHANA bagi Petugas Kecamatan dan Petugas Registrasi Nagari (PRN) Adminduk pada Rabu, 28 September 2022 bertempat di Aula Dinas Dukcapil Kab. Tanah Datar.

Bimtek yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil Kab. Tanah Datar, Drs.H.Armen Yudi, M.Si bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM petugas kecamatan dan nagari dalam melakukan percepatan dan akselerasi layanan administrasi kependudukan khususnya pelayanan di kecamatan dan nagari sehingga harapan penerbitan paling lama 1 x 24 jam dapat diwujudkan di Kabupaten Tanah Datar.

Dalam sambutannya, Kadis Dukcapil,Drs.H.Armen Yudi, M.Si mengharapkan agar setiap petugas baik yang ada di Dukcapil, Kecamatan dan Nagari agar senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Pelayanan dapat diakses masyarakat dimana saja dan kapan saja.
Selanjutnya Petugas Registrasi Nagari harus mampu memberikan pelayanan yang cepat, mudah dan dekat; dan pelayanan administrasi kependudukan dapat membahagiakan masyarakat.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, Dukcapil Tanah Datar akan memberikan peningkatan peran dan fungsi Petugas Registrasi Nagari (PRN) melalui pemberian hak akses aplikasi Siak Terpusat sehingga permohonan dokumen yang diajukan masyarakat sudah dapat diinput langsung oleh PRN ke dalam aplikasi Siak dan setelah diverifikasi petugas Dinas, dokumen sudah dapat langsung di cetak dan diberikan kepada masyarakat,” imbuh Armen.

“Peningkatan peran PRN sbg salah satu pilar dalam Trisula Dukcapil Membahana ini, dapat menjadi pendorong pencapaian progul daerah yaitu meningkatkan pelayanan yang dekat dan mudah diakses masyarakat. Hal ini juga menjadi momentum menjadikan nagari sebagai pelayanan terdepan di Tanah Datar,” ujar Armen.

Baca Juga :  Bupati Eka Putra Tinjau Lokasi Musibah Angin Puting Beliung di Kec. Padang Ganting

Kadis juga berkesempatan memberikan piagam kepada PRN dengan pengajuan terbanyak. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600