News  

Jurusan Hukum Ekonomi Syariah IAIN Batusangkar Raih Akreditasi ‘Unggul’, Langkah Menuju UIN Semakin Mulus

Tanah Datar, Jurnalminang.com. News&Web TV. Seluruh civitas akademika IAIN Batusangkar merasa bersyukur dan bangga. Betapa tidak, program studi Hukum Ekonomi Syariah meraih Akreditasi Unggul dari BAN PT. Ini pertanda awal langkah mulus menjadi UIN Batusangkar.

Bicara soal akreditasi, pasti tidak bisa jauh dari penilaian mutu pada suatu lembaga. Akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan berlangsungnya sebuah Perguruan Tinggi, yang bertujuan menjamin mutu Perguruan Tinggi dan Program Studi secara eksternal, baik di bidang akademik maupun non-akademik.

Jurusan/ Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah (HES) pada Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar berhasil meraih Akreditasi “UNGGUL” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal 12 Oktober 2021. Berdasarkan keputusan BAN-PT No. 11552/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/X/2021. Dengan raihan nilai 366 dengan Peringkat Unggul berlaku sejak tanggal di tetapkan.

Secara terpisah Kepala LPM Dr. Ulya Atsani, M.Hum mengungkapkan peringkat UNGGUL akreditasi Program Studi HES diperoleh melalui pengajuan Intrumen Suplemen Konversi (ISK) akreditasi sebelumnya yaitu ‘A’ dan Alhamdulillah setelah dilakukan proses Asesmen Kecukupan (AK) oleh BAN-PT, Jurusan HES dipandang memenuhi syarat peringkat UNGGUL.

Lebih lanjut Dr. Ulya Atsani menambahkan ISK adalah instrumen akreditasi tambahan yang digunakan untuk pengambilan keputusan konversi peringkat terakreditasi yang diperoleh dengan Instrumen Akreditasi Program Studi 7 Standar menjadi peringkat akreditasi baru sesuai dengan instrumen APS 4.0. Prinsip Dasar persyaratan konversi adalah pemenuhan syarat perlu terakreditasi dan syarat perlu peringkat terakreditasi sebagaimana diatur dalam Peraturan BAN-PT Nomor 5 Tahun 2019, dan 2 butir persyaratan yang merupakan penanda penting pelampauan SN-Dikti dan transisi menuju outcome-based accreditation.”tutup kepala LPM”.

Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc mengucapkan apresiasi yang luar biasa kepada jajaran Fak. Syari’ah atas pencapaian status Akreditasi Unggul dari BAN-PT, ini merupakan cerminan telah dilaksanakan standar mutu sebagai implementasi core values di IAIN Batusangkar, dari apa yang tertuang dalam visi “Integratif dan Interkonektif Dalam Keilmuan, Berkearifan Lokal, Bereputasi Global” Hal ini juga menunjukkan konsistensi IAIN Btausangkar untuk mewujudikan visinya yang unggul dan terkemuka dalam kemajuan peradaban.

Baca Juga :  Forum Anak Kota Budaya Dikukuhkan Bupati Tanah Datar

“Pencapaian Akreditasi Unggul ini adalah menjadi deretan Program Studi/Jurusan di PTKIN jajaran IAIN Se-Indonesia yang memperoleh Akreditasi Unggul, ini tentu memantapkan kita di IAIN Batusangkar menuju Universitas Islam Negeri (UIN) Batusangkar “kampus Sains Islam, Refleksi Surau Minangkabau” ucap Marjoni.
Lebih lanjut Marjoni mengatakan dengan status akreditasi Unggul yang diraih dapat semakin membuka wawasan masyarakat umum, khususnys yang akan mengirimkan putra-putrinya untuk melanjutkan studi pada jenjang perguruan tinggi. Serta memahami akan pentingnya standar mutu penyelenggara pendidikan, sehingga mampu memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Dekan Fakultas Syariah Dr. H. Zainuddin, MA mengatakan pencapaian Akreditasi Unggul Prodi/Jurusan S1 HES, IAIN Batusangkar dari BAN-PT Tahun 2021 ini juga merupakan hasil kerja keras dan kerja sama baik dari jajaran rektorat, LPM, Tim APT, Pimpinan Fakultas Pascasarjana, Senat, Pimpinan Lembaga/Satuan Unit, Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa, Alumni, Pengguna Lulusan dan Mitra.

“Pencapaian akreditasi ini merupakan prestasi kolektif, ada banyak aktor yang terlibat. Tidak hanya aktor yang sekarang memegang amanah, tapi juga yang lampau, karenanya kontribusi semua aktor perlu kita apresiasi” tutup Zainuddin. (DO/Red.JM).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600