Ini Daerah di Tanah Datar yang Belum Dialiri Listrik, PLN Dituntut Serius

Batusangkar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Sejumlah 26 KK di Jorong Tigo Niniak Nagari Situmbuak, Kecamatan Salimpaung Tanah Datar, semenjak 77 Tahun Negara Republik Indonesia merdeka hingga kini belum menerima aliran penerangan listrik, akibatnya jalanan jika malam hari gelap gulita.

Menurut Wali Nagari Situmbusk, Epi Mardian Dt. Paduko Majo Kayo bahwa ada 26 kepala keluarga yang membutuhkan aliran listrik di daerahnya. Karena, menurutnya, daerah tersebut adalah jalur alternatif dan jalur ekonomi dari wilayah Situjuah, Lima Puluh Kota, menuju Batusangkar. 

Saat ini daerah tersebut semenjak jalan diaspal beton menjadi maju karena berada pada jalur alternatif. Daerah itu juga cukup ramai sebagai perlintasan ekonomi warga,” katanya kepada media, Rabu (3/8/2022). 

Wali Nagari menjelaskan bahwa kendala di lapangan serta menjadi pertimbangan pihak PLN adalah jarak sekitar dua kilometer dari tiang utama, pemukiman tidak rapat tapi berjarak antara rumah yang satu dengan yang lain.

“Jarak dari tiang utama sekitar dua kilometer, namun jumlah kepala keluarga hanya dua enam, maka hal itu mungkin jadi pertimbangan belum terealisasinya arus penerangan listrik ke wilayah tersebut. Intuk mengatasi belum adanya penerangan sebagian warga memanfaatkan lampu cas untuk penerangan, katanya. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Wabup Richi Aprian Lepas Kontingen Kemah Karya Pramuka Madrasah Tanah Datar
banner 120x600