IAIN Batusangkar Terima Mahasiswa Tanpa Tes & Tanpa Uang Kuliah, Caranya?

  • Bagikan
banner 468x60

Tanah Datar, Jurnalminang.Com. News&Web TV, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar membuka kesempatan bagi tamatan Pondok Pesantren, SMA, MA dan SMK untuk menjadi mahasiswa melalui jalur berprestasi dengan memberikan fasilitas istimewa berupa masuk tanpa tes, bebas uang pendaftaran dan bebas uang kuliah.

Jalur masuk berprestasi ini dibuka dalam rangka untuk memberi kesempatan dan kemudahan kepada generasi muda potensial untuk meraih masa depan yang gemilang, mengenyam pendidikan di IAIN Batusangkar “Kampus Sains Islam, Refleksi Surau Minangkabau.”

banner 336x280

Hal ini disampaikan oleh Rektor IAIN Batusangkar, Dr. Marjoni Imamora, M.Sc. didampingi oleh Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Dr. Zainuddin, MA. di ruang kerja Rektor, Rabu (05/5/21).
Marjoni menjelaskan, IAIN Batusangkar mengundang calon mahasiswa tamatan Madrasah Aliyah/Ponpes/ SMA/SMK atau SLTA lainnya untuk memanfaatkan kesempatan berharga ini, pendaftarannya sudah dibuka dari sekarang dengan cara mengisi formulir online serta melampirkan ijazah/surat keterangan lulus, sertifikat/bukti prestasi selama 2 tahun terakhir, nomor kontak sekolah atau link penyelenggara lomba/ivent yang diikuti, tutur Marjoni yang pernah jadi Dosen Berprestasi Teladan I Nasional Tahun 2014.

Sementara itu Ketua Panitia PMB, Dr. Zainuddin, MA. menambahkan bahwa kesempatan menjadi mahasiswa IAIN Batusangkar melalui jalur berprestasi ini diberikan kepada calon mahasiswa yang pernah menjuarai berbagai bidang baik di bidang keagamaan, akademik, seni, olahraga, dan multi talenta lainnya.
Begitu juga dengan fasilitas yang didapatkan akan bervariasi, semakin tinggi capaian tingkat prestasi yang diraih maka semakin banyak fasilitas yang di dapatkan.

Sebagai contoh, jika calon mahasiswa berprestasi di tingkat kabupaten, maka bebas tes dan uang pendaftaran serta diberi UKT (Uang Kuliah Tunggal I) selama dua semester. Namun jika berprestasi di tingkat propinsi atau nasional bahkan internasional maka selain bebas uang pendaftaran dan bebas tes maka juga berpeluang untuk mendapatkan beasiswa KIP Kuliah selama menjadi mahasiswa, fasilitas selengkapnya bisa dilihat di web IAIN Batusangkar, urai Zainuddin.

Baca Juga :  Rektor IAIN Batusangkar Launching Blessed Friday

Lebih jauh, Zainuddin menjelaskan bahwa calon mahasiswa sudah bisa mendaftar di jalur ini mulai dari tanggal 20 April sampai dengan 25 Juni 2021 dengan cara mengisi formulir serta melengkapi persyaratannya secara online di website www.pmb.iainbatusangkar.ac.id.

“Jadi sangat mudah untuk mengikutinya, tinggal klik syaratnya, siapkan bahanya, maka Anda akan jadi mahasiswa IAIN Batusangkar yang insya Allah sebentar lagi jadi UIN Batusangkar” ujar Zainuddin yang juga Dekan Fakultas Syariah di IAIN Batusangkar ketika mengakhiri perbincangan. (DO/Red.Jm).

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan