News  

IAIN Batusangkar Tergabung dalam SMM PTN Wilayah Barat

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV– Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar pada tahun ini yang akan segera beralih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar, terus berupaya untuk bersaing dengan kampus-kampus terkemuka di Indonesia khusus wilayah Barat.
Ini ditandai dengan telah bergabungnya IAIN Batusangkar dengan panitia pusat Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN-BARAT).

Ini artinya IAIN Batusangkar tidak hanya dengan sistem penerimaan di bawah Kementerian Agama saja.
Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc mengatakan SMM PTN–wilayah Barat tahun 2022 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS–PTN Indonesia Wilayah Barat.

Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMM PTN–BARAT. Lebih lanjut, Marjoni menuturkan penerimaan mahasiswa baru merupakan hal yang penting, yaitu untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang berkualitas dan memiliki kompetensi dasar yang baik sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan rutin bagi seluruh institusi pendidikan, tak terkecuali IAIN Batusangkar, karena itu penyelenggaraannya harus profesional, terjamin, terukur dan efisien.

Sementara itu Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Ridwal Trisoni, M.Pd menyebutkan IAIN Batusangkar baru tahun ini bergabung dengan SMM PTN–Barat yang akan bergabung dengan 25 perguruan tinggi negeri wilayah Barat dalam sistem penerimaan ini.
Untuk calon siswa yang akan melanjutkan pendidikannya ke IAIN Batusangkar melalui sistem SMM PTN–BARAT bisa mengakses melalui laman https://smmptnbarat.id untuk calon siswa yang pilihannya ke IAIN Batusangkar bisa memilih 27 jurusan yang tersedia. Pembukaan pendaftaran SMMPTN-Barat tahun 2022, mulai tanggal 1 April – 27 Juni 2022, dengan
Prosedur Pendaftaran:

  1. Pendaftaran SMM PTN–BARAT 2022 dilakukan secara online.
  2. Pengisian borang (formulir) pendaftaran ujian tulis dan portofolio dilakukan melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan cara memasukan seluruh data yang diperlukan secara benar.
  3. Pendaftaran dimulai sejak tanggal 1 April s.d 27 Juni 2022, pukul 16:00 WIB, kemudian bagi para peserta ujian SMM PTN–Barat 2022 yang telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran paling lambat pada tanggal 27 Juni 2022, pukul 16.00 WIB namun belum menuntaskan pengisian formulir pendaftaran secara online, diberi kesempatan untuk menyelesaikannya dan melakukan simpan permanen paling lambat tanggal 28 Juni 2022, pukul 14.00 WIB dan batas akhir cetak kartu peserta pada tanggal 28 Juni 2022, pukul 14.00 WIB.
  4. Pada saat melakukan pendaftaran secara online, bagi peserta yang mengikuti SBMPTN 2022, diminta memasukkan nomor tes SBMPTN 2022 pada kolom yang disediakan.
Baca Juga :  SMPN 1 Batusangkar Raih Juara III pada Lomba Cerdas Cermat tingkat Sumbar

Jika ada informasi yang diragukan, bisa menghubungi nomor hotline panitia. (DO/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600