News  

IAIN Batusangkar Targetkan 3000 Calon Mahasiswa Baru Tahun ini, Sosialisasi Dimaksimalkan

Tanah Datar, Jurnalminang.com. News&Web TV. Sejak dirilisnya pembukaan pendaftaran mahasiswa baru jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional SPAN-PTKIN oleh Kementrian Agama RI pertengahan Januari 2022 kemaren, IAIN Batusangkar secara masif terus melakukan kegiatan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk menjaring calon mahasiswa baru.

Acara sosialisasi yang dikemas IAIN Batusangkar dengan menghadirkan Kepala Sekolah, Guru Bimbingan Konseling dan Operator Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) SMA, MA, SMK, Ponpes Negeri/Swasta Se-Kab. Tanah Datar dan Kota Padang Panjang yang bertempat di auditorium kampus I IAIN Batusangkar, Selasa (8/2/2022).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Ridwal Trisoni, M.Pd dan Ketua PMB IAIN Batusangkar tahun 2022 Dr. Fadriati, M.Ag, mengatakan seiring semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap IAIN Batusangkar yang ditandai dengan meningkatnya animo calon mahasiswa baru yang mendaftar ke IAIN Batusangkar pada tahun 2021. Pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2022 ini IAIN Batusangkar menaikan Kuota penerimaan mahasiswa baru menjadi lebih 3000-an.

Para pendaftar dapat mendaftarkan diri di 27 jurusan yang ada di IAIN Batusangkar.
“Penambahan kuota ini merupakan salah satu bentuk respon IAIN Batusangkar terhadap tingginya animo calon mahasiswa baru yang mendaftar ke IAIN Batusangkar, kebijakan penambahan kuota ini tentu saja telah melalui analisis dan kajian yang mendalam, agar mutu pendidikan di IAIN Batusangkar tetap terjaga. Seperti rasio dosen dan sarana dan parasana pendukung perkuliahan” ungkap Ridwal di hadapan ratusan undangan.

Lebih lanjut Ridwal Trisoni, menyampaikan acara sosialisasi penerimaan mahasiswa baru ini sebelumnya sudah selesai dilaksanakan di beberapa SMA, MA, SMK, Ponpes Negeri/Swasta di beberapa kabupaten/Kota di sumatera Barat seperti kabupaten Pesisir Selatan, kab. Dharmasraya, kab. 50 Kota, Kota Payakumbuh, kab. Pasaman Barat, Pasaman, kab. Agama, Sijunjung, kab. Solok, Selatan Solok, kota solok. dan saat ini Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang Panjang.

Baca Juga :  Peneliti Litbang Kemenag RI Teliti Manuskrip Kuno Pariangan

“Kita mentargetkan lebih 500 SMA, MA, SMK, Ponpes negeri dan swasta di Sumatera Barat dan tambahan lagi Kab/Kota seputar Sumbar seperti Jambi, Riau dan Medan, yang kita bidik untuk mensosialisasikan PMB IAIN Batusangkar” ujar Ridwal.

Salah seorang perwakilan dari pihak sekolah dalam sambutannya menyampaikan, siap bersinergi dan mendukung IAIN Batusangkar dan mensukseskan PMB tahun 2022. Dan kami siap antarkan siswa/wi terbaik kami Ke Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar yang sebentar lagi akan bertranformasi menjadi UIN Mahmud Yunus Batusangkar” ungkap peserta yang hadir.

Setelah acara diskusi berkaitan dengan teknis penerimaan mahasiswa selesai, acara ditutup dengan ramah-tamah dan foto bersama antara undangan dengan pihak IAIN Batusangkar. (DO/ Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600