IAIN Batusangkar Siapkan “Gerbang Emas” Untuk IAIN Langsa

  • Bagikan
banner 468x60

Tanah Datar, JurnalMinang.Com. News&Web TV. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Provinsi Aceh, lakukan benchmarking ke kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, Sumatera Barat, Selasa (9/2/2021).

Dalam acara tersebut rombongan IAIN Langsa dipimpin langsung oleh Dr. Mawardi Siregar, MA. Turut hadir Dedy Surya, M.Psi. Rizky Andana Pohan, M.Pd. Marimbun, M.Pd. Benchmarking tersebut juga diikuti dengan penanda tanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MOA).

banner 336x280

Ketua tim pendirian Prodi Psikologi Islam IAIN Langsa Dedy Surya, M.Psi menyebutkan Memorandum of Agreement (MoA) yang kita lakukan antara lain dengan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Batusangkar, studi komparasi dan MoA/MoU tersebut sebagai langkah awal untuk mempersiapkan kebutuhan pengajuan Prodi Psikologi Islam di IAIN Langsa.

“Pihaknya dapat memetakan peluang dan tantangan untuk membuka Prodi Psikologi Islam, di IAIN Langsa nantinya, semoga dengan kekuatan dan SDM yang kita miliki IAIN Langsa bisa membuka Prodi tersebut. Selain itu IAIN Langsa juga membangun komunikasi melalui MoA dengan Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Batusangkar.”

Disamping mematangkan pembukaan Prodi Psikologi Islam, dan melakukan kerjasama dengan Program Studi Bimbingan dan Konseling IAIN Batusangkar. Program Studi BKI FUAD IAIN Langsa juga lakukan MoA dengan Pascasarjana IAIN Batusangkar. Dr. Mawardi Ketua Program Studi BKI IAIN Langsa menyampaikan harapannya dengan kerjasama ini, kedepannya mahasiswa strata 1 dari BKI FUAD IAIN Langsa bisa bergabung untuk melanjutkan jenjang S2 di BKPI Pascasarjana IAIN Batusangkar.

Sementara itu Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc dan segenap Pimpinan mengatakan kita terbuka luas terhadap siapa saja yang akan menjalin kerjasama dengan IAIN Batusangkar, kita juga siapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan handal di bidang keilmuannya masing-masing.
Dimana nantinya kualitas pendidikan dan pengajaran, terutama dalam mendukung pelaksanaan program Kampus Merdeka, Merdeka Belajar terwujud antara ke dua perguruan ini, dan membuka peluang untuk melakukan pengembangan publikasi ilmiah.

Baca Juga :  Siswa SDN 02 Pariangan Peroleh Beasiswa Indah Cargo

Lebih lanjut Marjoni Imamora mengatakan dengan keterjalinan antara dua kampus yang sama-sama di bawah Kementerian Agama ini akan bisa memperluas tentang Pengabdian dan Publikasi Ilmiah, berupa Join Seminar, kolaborasi penelitian dan juga Kegiatan kemahasiswaan” ucap rektor.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama, Dr. Sirajul Munir, M.Pd menuturkan bahwa pada dasarnya IAIN Batusangkar terbuka untuk menjalin kerjasama bagi semua pihak sepanjang memberikan keuntungan yang positif bagi kemajuan dunia pendidikan. “Kita tidak bisa lagi bekerja tanpa berkolaborasi dan bersinergi di era industri 4.0 ini” tutup wakil Rektor III IAIN Batusangkar tersebut. (DO/Red.Jm).

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan