News  

IAIN Batusangkar Semakin Giat Jalin Kerjasama Internasional

Tanah Datar, Jurnalminang.com. News&Web TV. Rabu, 23/02/2022 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar merupakan salah salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya minat siswa tahun demi tahun yang masuk ke IAIN Batusangkar.

Sebagai kampus yang sedang bertranformasi menuju Universitas Islam Negeri (UIN) yang akan dinamai UIN Mahmud Yunus Batusangkar, dengan mengusung visi “Integratif Interkonektif Dalam Keilmuan, Berkearifan Lokal dan Bereputasi Global.” Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc menyampaikan dalam rangka mewujudkan kampus yang bereputasi global, IAIN Batusangkar perkuat kerjasama Internasional. Dalam hal ini IAIN Batusangkar melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Yayasan Dakwah Islamiah Malaysia (YADIM) secara daring.

Lebih lanjut Dr. Marjoni Imamora, M.Sc mengatakan bahwa MoU yang dilakukan merupakan bagian dari ikhtiar untuk mengantarkan IAIN Batusangkar menuju perguruan tinggi bereputasi Internasional. Dalam MoU Internasional ini hadir Wakil Rektor I, II, III, Ka.Biro AUAK, Dekan, Direktur Pascasarjana, Wakil Dekan III, Kabag dan Kasubbag IAIN Batusangkar.

Berharap kepada seluruh civitas akademika IAIN Batusangkar, baik dosen maupun unsur akademik lainnya, untuk dapat memanfaatkan kerjasama yang telah terjalin untuk meningkatkan kompetensi masing-masing, terutama dalam bidang tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat)“ tutup Marjoni.

Ustaz Haji Nasrudin Bin Hassan yang dipertuan YADIM, MoU ini akan menjadikan YADIM dan IAIN Batusangkar rekan srategis dan kolaborasi publikasi akademik dan penelitian tentang dakwah dan pengembangan sumber daya manusia dalam mendukung tujuan bersama dari kelompok dan agama yang sama dan bersedia bekerja sama untuk pembangunan ummat, dan mewujudkan jejaring da’i.

Lebih lanjut Haji Nasrudin Bin Hassan mengatakan MoU akan mendorong terciptanya seminar, konferensi, symposium, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terkait dengan ajaran Islam, di kalangan pemuda/mahasiswa.
Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Sirajul Munir, M.Pd mengatakan melalui kerjasama ini akan mewujudkan Pendidikan Tinggi Islam yang berdaya saing Internasional untuk kepentingan Umat, Bangsa, dan Kemanusiaan, dan juga salah satu program unggulan di IAIN Batusangkar yakni Magang Luar Negeri oleh mahasiswa.

Baca Juga :  Jalan Usaha Tani, Pemukiman dan Wisata di Tanjung Barulak Butuh Perhatian Serius dari Pemerintah

Insyaallah kedepanya kita sudah siapkan juga beberapa instansi untuk MoU berikutnya antara lain, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM), Universitas Teknologi Malaysia (UTM), University College TATI Malaysia, Jamiah Islam Syeikh Daud al-Fathoni (JISDA) Thailand, Arellano University Filipina, Kolej Islam Antar Bangsa Sultan Ismail Putra Malaysia dan Kedubes Maroko.(DO/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600