News  

IAIN Batusangkar Sediakan Ratusan Beasiswa untuk Mahasiswa Baru

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar berkomitmen untuk terus memberikan apresiasi kepada para calon mahasiswa yang kompeten dalam menghafal Al-Quran yang akan melanjutkan pendidikan di Kampus Sains Islam, Refleksi Surau Minangkabau. Tidak tanggung-tanggung, bagi yang hafal Al-Quran akan diberikan bebas biaya kuliah (beasiswa) sampai lulus S1.

Calon mahasiswa yang berminat kuliah gratis, peluang emas tersebut diperuntukkan bagi hafidz dan hafidzah yang hafal 8 juz Al-Quran sudah bisa studi secara gratis hingga lulus kuliah di IAIN Batusangkar, tidak ada batas kuota bagi penghafal Al-Quran yang akan menempuh pendidikannya di IAIN Batusangkar.

Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc menyatakan, beasiswa hafiz adalah salah satu bentuk apresiasi yang akan diberikan kepada mahasiswa bebas biaya kuliah. Bagi yang sudah hafal Al-Quran, beasiswa ini akan diberikan sampai lulus kuliah.

“penghafal Al-Quran mulai dari 3 Juz sampai dengan 8 juz dapat menentukan pilihanya ke IAIN Batusangkar dan dibebaskan biaya UKT/SPP dengan ketentuan yang ada”
Ini sudah kami tetapkan melalui program unggulan yang diterapkan di IAIN Batusangkar bagi penghafal Al-Quran, yang tentunya belum banyak dimiliki oleh perguruan tinggi lainnya. Karena itu, pihaknya mengharapkan agar para penghafal Al-Quran bisa melanjutkan pendidikan nya di IAIN Batusangkar” urai Marjoni.

Sementara itu, Wakil Rektor III Dr. Sirajul Munir, M.Pd menerangkan ada beberapa ketentuan yang dapat dinikmati para penghafal Al-quran di IAIN Batusangkar. Bagi yang 3 Juz, Bebas UKT Selama 1 (Satu) Semester, 4 – 5 Juz, Bebas UKT Selama 2 (Dua) Semester, 6 Juz, Bebas UKT selama 4 (Empat) Semester, 7 Juz, Bebas UKT selama 6 (Enam) Semester dan hafal 8 Juz atau lebih, Bebas UKT Selama 8 (Delapan) Semester.

Baca Juga :  Sidak Kelapanagn,Komisi B DPRD Kota, Kunjungi MPP Payakumbuh

Lebih lanjut Munir mengatakan jika mahasiswa yang bersangkutan dapat menambah hafalannya sebanyak 1 (satu) Juz atau lebih, akan dibebaskan untuk pembayaran UKT pada semester berikutnya selama 1 (satu) Semester atau lebih.
Di samping itu, IAIN Batusangkar juga memberikan beasiswa lainya seperti Beasiswa KIP Kuliah, Beasiswa Mahasiswa Berprestasi, Beasiswa UPZ IAIN Batusangkar, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Bank Nagari Syari’ah, Beasiswa Bank Syari’ah Indonesia, Beasiswa Riset BASNAS Nasional dan Beasiswa PT. Rajawali, para calon mahasiswa ini nantinya harus melengkapi beberapa persyaratan lainnya.

“Keberadaan hafidzh/hafidzhah ini akan mendukung pilar utama IAIN Batusangkar, dengan kedalaman spiritual, akhlaq, ilmu, dan profesionalitas di setiap diri mahasiswa, karena semua ilmu tersebut sudah tersirat dalam Al-Quran, Salian itu, keberadaan hafidzh/hafidzah ini juga mendukung program pemerintah Tanah Datar yang mencanangkan satu rumah satu hafidzh” tutup Munir. (DO/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600