IAIN Batusangkar Kerjasama Produksi dengan Bidang Kebudayaan Tanah Datar

  • Bagikan
banner 468x60

Tanah Datar, Jurnalminang.com. Dosen IAIN Batusangkar dari jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) melakukan kerjasama dalam produksi video dan dokumentasi konten budaya di Tanah Datar. Dari Pemda Tanah Datar diwakili oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili oleh Ariswandi sebagai Kasi kesenian dan kebudayaan. Sementara itu dari IAIN Batusangkar hadir beberapa orang dosen KPI yang diketuai oleh Riki Rikarno alias Kinoy.

Kegiatan yang dimulai pada tgl 26 Juni SD 6 Juli 2020 ini difokuskan kepada dokumentasi budaya dan dimulai dari Pariangan yang sudah terkenal sebagai Desa Terindah di dunia. Video ini nantinya akan dijadikan dokumentasi budaya yang bertujuan untuk melestarikan budaya Minangkabau dan akan dijadikan bahan ajar untuk pendidikan kebudayaan. Sedangkan konten video budaya akan ditayangkan juga untuk YouTube dengan judul “Kuliah Budaya Tujuh Menit.”

banner 336x280

Pada hari pertama kegiatan ini sudah diperoleh empat konten budaya yang diambil langsung di Pariangan dan Guguak. Keempat konten tersebut adalah Peranan dan Fungsi Surau, Keterampilan Tradisional Pandai Besi, Budaya dan Persepsi Masyarakat dalam Politik serta Sejarah dan Proses Kopi Kawa. Masyarakat setempat sangat antusias melihat tim ini bekerja dan mereka mau membantu jika ada sesuatu yang dibutuhkan oleh tim kameraman.

Kegiatan ini juga melibatkan pemuda setempat yang sudah banyak membuat konten budaya dan bertugas sebagai pemandu wisata di daerah ini yaitu Fachru Doni Putra alias Heru dan Gusnaldi. Untuk pengisi acara dan narasumber hadir pula Irwan Malin Basa yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas karena banyaknya karya beliau dalam bidang kebudayaan. Irwan Malin Basa yang juga merupakan anggota Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) di kab. Tanah Datar mendukung acara ini. “Selama ini memang kita kekurangan dalam dokumentasi dan pelestarian budaya” jelasnya.

Baca Juga :  Sultani Diizinkan Ibu Seraya Berurai Airmata

“Seluruh video yang terkumpul akan disesuaikan dan diatur kembali sehingga menjadi sebuah tontonan yang mengasyikkan” ujar Kinoy yang sudah malang melintang dalam dunia jurnalistik. Untuk pengisi musik dipercayakan kepada Mondrian alias Momo yang sudah banyak berkarya dalam bidang musik jebolan Magister Musik dari ISI Padang Panjang.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan