IAIN Batusangkar Gelar Forum Grup Discussion Eksistensi PTKIN

  • Bagikan
banner 468x60

IAIN Batusangkar menggelar Forum Grup Discussion Eksistensi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dalam rangka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021, Kamis (16/1/2020) di aula kampus I Batusangkar. Acara ini dihadiri utusan dari SMA dan Madrasah Aliyah sekabupaten Tanahdatar.

Dalam sambutannya Wakil Rektor I Desmita mengatakan “IAIN Batusangkar memiliki 4 fakultas dengan 27 jurusan pada program sarjana dan tujuh diantaranya telah meraih akreditasi A. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan (FTIK) dengan jurusan Pendidikan Agama Islam, Pendikan Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan Islam, Bimbingan Konseling, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Syariah (FS) memiliki tiga jurusan yaitu jurusan Hukum Keluarga Islam, Hukum Ekonomi Syariah dan Hukum Tata Negara.

banner 336x280

“Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) dengan jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Ilmu Alquran dan Tafsir, Pemikiran Politik Islam, Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Pengembangan Masyarakat Islam dan Psikologi Islam. dan terakhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dengan jurusan Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah, Akuntansi Syariah, Manajemen Zakat dan Wakaf, Manajemen Bisnis Syariah, Pariwisata Syariah dan Manajemen Informatika dengan program diploma III.”lanjut Desmita.

Untuk beasiswa IAIN Batusangkar menyediakan beasiswa Bidikmisi, beasiswa tahfizh, beasiswa prestasi dan beasiswa Baznas dan beasiswa lainnya. Fasilitas perkuliahan selain terdiri dari dua kampus, IAIN Batusangkar memiliki Perpustakaan yang sudah terakreditasi A. labor-labor pendidikan, bank mini dan magang nasional dan internasional.

“Insya Allah kedepannya kampus satu di peruntukan untuk program pasca sarjana, labor labor dan sekolah model dari tingkat TK sampai Menengah Atas. Pembangunan sekolah model ini untuk Menjawab kebutuhan masyarakat dan umat.”tutur Desmita.

Baca Juga :  Manfaat Cuci Tangan dan Puasa Ramadhan untuk Kesehatan

Ketua PMB IAIN Batusangkar Adripen menyampaikan “Peneriman mahasiwa baru dilakukan dengan tiga jalur seleksi. Pertama seleksi prestasi akademik nasional SPAN PTKIN yang dibuka pendaftaran 3–28 Februari 2020 di website www.span-ptkin.ac.id. Kemudian jalur ujian mandiri UM PTKIN 15 April — 29 Mai 2020 pada website www.um-ptkin.ac.id. Dan terakhir SPMB Mandiri dari 2 Juni – 22 Juli 2020 pada website www.pmb.iainbatusangkar.ac.id.”

Tahun ini program pascasarjana IAIN Batusangkar membuka program studi Manajemen Pendidikan Islam, Hukum Ekonomi Syariah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga Islam dan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam.

Turut hadir pada forum diskusi ini Kepala Biro AUAK Yasrizal, Kabag AKAMA Yarman, Dosen Native Speaker Bahasa Arab dari Universitas Al Azhar Mesir Sheikh Walid Hamdi Muhammad dan jajaran IAIN Batusangkar.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan