IAI Sumbar Akan Adakan Acara Manyilau Nagari

  • Bagikan
banner 468x60

Padang, JurnalMinang.Com. News&Web TV. Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) provinsi Sumatera Barat akan mengangkat acara yang bertema Manyilau Nagari. Acara ini rencananya akan diadakan pada tgl 20 Maret 2021. Perencanaan kegiatan ini sudah dibahas secara mendetil oleh segenap anggota dan pengurus IAI Sumbar di kantor IAI jalan Kuini, Padang Baru, Padang, Selasa 9 Februari 2021.

Pengurus IAI Sumbar yang akrab disapa Cece mengatakan bahwa acara ini akan dilaksanakan bulan Maret. “Akan ada webinar yang membahas tata ruang pada arena Pacu Jawi. Banyak hal yang bisa kita gali dari pacu Jawi ini. Kini kami ingin melihat dari sisi arsitektur” ujar Cece.

banner 336x280

Arsitektur lain yang ikut hadir Johny Wongso, P.hD juga bersemangat untuk mengangkat acara tersebut. “Selama ini belum ada ahli maupun peneliti yang mengkaji masalah ini” ujar Johny Wongso.

Salah seorang TACB (Tenaga Ahli Cagar Budaya) uang hadir membahas masalah tersebut Irwan Malin Basa mengatakan bahwa banyak hal yang bisa digali dari Pacu Jawi ini. “Kuliner, ekonomi, mitologi, sejarah serta aspek sosiologis nya bisa digali” ujar Irwan Malin Basa.

Dapat diinformasikan bahwa Pacu Jawi merupakan salah satu Warisan Budaya Tak Benda yang sudah diakui secara nasional milik kabupaten Tanah Datar. Pengakuan ini dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI th 2020. Maestro pacu Jawi ini adalah Irwan Malin Basa.

Tentu acara ini sangat menarik dan menjadi kajian serius dari berbagai disiplin ilmu. Khusus Anggota IAI sebagai kumpulan para arsitektur tentu menjadi tema yang menarik. (Red.Jm).

banner 336x280
Baca Juga :  Ketua DPC Gerindra Padang Panjang akan Ikut Mundur
banner 120x600
  • Bagikan