Hebat, Pemkab Tanah Datar Luncurkan Kalender Event 2022

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Baru baru ini Pemkab Tanah Datar melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga meluncurkan Kalender Even 2022. Setidaknya ada 21 even wisata dan budaya yang akan digelar di Tanah Datar mulai bulan Mei 2022 nanti.

Dari flyer yang sudah tersebar di berbagai media, keterwakilan even di masing masing kecamatan sudah ada. Tidak ada satupun kecamatan yang tidak memiliki even. Harapannya semua even tersebut berjalan sukses sehingga geliat pariwisata di Luak Nan Tuo semakin nyata dan minat wisatawan untuk datang ke Tanah Datar semakin tinggi.

Dari 21 even tersebut ada Pacu Jawi, pacu biduak, festival tenun, festival silat, festival galundi, dan lain sebagainya. Yang lebih menarik ada pula Galiek Durian Gunung Rajo dan Pesona Bunga Andaleh di Kec. Batipuh.

Semuanya tentu memiliki konsep yang sudah dipersiapkan dengan baik. Masing masing festival mencerminkan ciri khas daerah masing masing dan terkait dengan kearifan lokal serta sarana di masing masing daerah pula.

Di tahun 2022 ini selama delapan bulan kedepan akan ada festival wisata dan budaya. Semoga saja semua even tersebut berjalan lancar dan sukses. Di even ini pula kita bisa mengevaluasi segala plus minus acara yang dikemas.

Di akhir tahun nanti, perlu kiranya Pemkab memberikan anugerah atau penghargaan kepada penyelenggara festival dengan indikator yang terukur. Misalnya, even yang paling ramai dikunjungi, even paling unik, even paling mahal dari segi biaya, even paling banyak diliput media dan fotografer dan berbagai indikator lainnya.

Jangan sampai penyelenggara festival laksana ganja batu. Alek sudah, panitia ribuik, hutang tumbuah. Saling melempar kesalahan antar sesama. Jika tahun ini sukses, tentu di tahun berikutnya bisa eksis kembali dengan pesona yang lebih sempurna lagi. (Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600