Hebat, Dasawisma Mawar I Bukit Barisan Nagari Tigo Jangko Raih Juara I Tingkat Provinsi

Tanah Datar, Jurnalminang.com. News&Web TV. Dasawisma Mawar I Jorong Bukit Barisan Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar berhasil menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Barat kategori kabupaten pada ajang lomba Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022.

Peringkat I di tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diraih Dasawisma Mawar I itu diumumkan pada saat Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 di Kabupaten Dharmasraya.

Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma dan BBGRM Tahun 2022 yang dibuka resmi oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah itu dipusatkan di lapangan terbuka Embung Rawang Tinjau Nagari Sitiung Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya, Rabu (09/03/22).

Mengusung tema, “Melalui Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 Kita Tingkatkan Sinergisitas Gerakan PKK dengan Pemerintah, Berbakti Untuk Bangsa, Berbagi Untuk Sesama”.

Dalam sambutannya Gubernur Mahyeldi menyampaikan ucapan selamat kepada dasawisma yang menjadi juara baik kategori kabupaten maupun kota dan berharap kedepan kelompok-kelompok dasawisma ini terus berinovasi dan menggerakkan sumber daya yang ada di nagari hingga jorong sehingga dasawisma sebagai ujung tombak Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) dapat berkontribusi nyata membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan upaya mencegah stunting.

“Dasawisma adalah ujung tombak gerakan PKK, jadi harus terus diasah sehingga akan terus melahirkan inovasi dan dinamisasi gerakan bagi dasawisma sehingga diharapkan dapat menggerakan semua kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, dan 10 program pokok PKK itu ada hampir disemua SKPD” ujarnya.

Gubernur tegaskan kepada TPPKK provinsi, kabupaten dan kota agar 10 program pokok PKK itu dapat terakomodir dalam program, kegiatan dan dianggarkan dalam OPD masing-masing mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota.

Baca Juga :  IAIN Batusangkar Jalin Kerjasama dengan UIN Walisongo Semarang

“Pola asuh anak dan remaja, PAUD, UP2KPKK, Pendapatan Keluarga, keterampilan, hatinya PKK, Pendidikan, Kesehatan, Posyandu, Sandang Pangan dan Pemanfaatan Toga, dan masih banyak lagi program-program PKK yang harus terus ditingkatkan dan dievaluasi, dari itu mari manfaatkan teknologi informasi untuk menyebarluaskan ini, dan itu perlu dibantu Dinas Kominfo di masing-masing kabupaten dan kota sehingga akan lebih terpublikasi dengan baik,” tambah Mahyeldi.

Pada kesempatan yang sama Ketua TPKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Harneli Mahyeldi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada TPPKK dan Dasawisma yang telah berkontribusi nyata mendukung program-program pemerintah.

Pada saat momentum pencanangan bulan bhakti dasawisma dan BBGRM itu Ny. Harneli berharap akan lahir dan tumbuh kelompok-kelompok dasawisma baru disetiap kabupaten dan kota dan bagi dasawisma yang sudah ada agar terus meningkatkan klasifikasinya menjadi berkembang bahkan mandiri.

“Untuk meningkatkan prakarsa, kemauan dan kemampuan para kader PKK khususnya kelompok dasawisma perlu adanya pembinaan yang terpadu dan berkesinambungan oleh TPPKK secara berjenjang dan pada mementum bulan bhakti dasawisma ke-6 ini yang diintegrasikan dengan BBGRM tahun 2022 ini juga dinobatan Duta Dasawisma tingkat Provinsi Sumatera Barat, tingkat kabupaten dan kota,” sebutnya.

Untuk tujuan secara umum dari pencanangan itu sendiri dikatakan Harneli untuk menumbuhkan dan meningkatkan sinergi rasa kebersamaan serta kesadaran gotong royong dan tanggung jawab kelompok dasawisma begitu juga terhadap peran dan fungsi kelompok pkk dan lembaga masyarakat dalam pembangunan. (KD/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600