News  

Forum Anak Kota Budaya Dikukuhkan Bupati Tanah Datar

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Forum anak merupakan wadah untuk partisipasi anak dalam pembangunan dan dibentuk untuk menjembatani anak-anak dengan pemerintah dalam menyampaikan kebutuhannya. Forum anak ini penting dan sangat dibutuhkan, sehingga keberadaannya diakomodir dari tingkat nagari hingga nasional.

“Forum anak merupakan salah satu mata rantai kegiatan besar untuk meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan anak apalagi Tanah Datar merupakan kabupaten layak anak dan forum anak ini sebagai salah satu wadah pendukungnya,” kata, Bupati Eka Putra, SE, MM.

Hal itu disampaikannya usai mengukuhkan Forum Anak Kota Budaya Kabupaten Tanah Datar periode 2022-2024, Rabu, (18/05) di Gedung Indo Jolito Batusangkar.

Dikatakan Bupati Eka Putra forum anak juga sebagai wadah untuk mendengarkan dan menyuarakan aspirasi, pendapat dan harapan anak kepada pemerintah.

“Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2021 tentang kebijakan kabupaten layak anak juga disebutkan, forum anak memiliki peran sebagai pelapor dalam lima klaster hak-hak anak yang mencakup lingkungan keluarga dan pengasuhan, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan dan budaya serta perlindungan khusus dari kekerasan dalam berbagai bentuk,” ujarnya.

Dari pengukuhan forum anak itu, Bupati Eka Putra berharap OPD terkait untuk melibatkan Forum Anak pada kegiatan-kegiatan OPD yang berkaitan dengan anak, termasuk itu dalam hal perencanaan pembangunan daerah.

Kepada pengurus Forum Anak, Bupati Eka Putra minta jadikanlah forum sebagai media untuk saling berinteraksi sesama anak, sekaligus sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas diri.

“Teruslah belajar untuk menjadi pribadi yang aktif, kritis dan kompetitif sehingga pada akhirnya menjadi generasi yang sehat, cerdas, bertaqwa dan kompeten di bidangnya masing-masing,” tambahnya.

Kepala Dinas Sosial dan PPPA Afrizon, S.Ag mengatakan Forum Anak Kota Budaya Tanah Datar ini merupakan hasil pemilihan pada pertemuan pada tanggal 26 dan 27 November 2021 yang lalu untuk periode kepengurusan 2022-2024.

Baca Juga :  Wagub Audy Joynaldi dan Bupati Tanah Datar Hadiri Pembukaan Galundi Singkarak Festival

Tugas Forum ini untuk pelopor dan pelapor dalam bidang pemenuhan hak-hak dan perlindungan anak sekaligus berkontribusi dalam kebijakan dan mendukung program daerah menjadi kabupaten layak anak, kata Afrizon.

Pada saat pengukuhan pengurus Forum Anak tersebut sebanyak 32 anak terpilih selaku ketua Syawal Al Habibi siswa SMAN 1 Sungai Tarab, Panji Satria Kedhaton siswa SMPN 1 Batusangkar selaku Wakil Ketua, Syahrani Luthfiya siswi SMAN 1 Batusangkar sekretaris dan Rafael Ananta Rahman siswa SMPN 2 Batusangkar selaku bendahara. (KD/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email