FKM TD dan Satgas Eco Farming Sosialisasikan Pupuk Organik di Nagari Situmbuak

Tanah Datar, Jurnalminang.com. News&Web TV. Forum Komunikasi Masyarakat Tanah Datar (FKMTD) bekerjasama dengan Tim Satgas Eco Farming Sumbar-Riau-Jambi mengadakan sosialisasi pupuk organik Eco Farming bertempat di Aula Serbaguna  Nagari Situmbuk pada Kamis, 07 Oktober 2021 pukul 16.00 WIB.

Ketua Umum FKMTD, Helmi Trise menyampaikan,”Sebagai wujud kepedulian kami kepada petani, FKMTD senantiasa mencoba memfasilitasi keinginan petani di Kabupaten Tanah Datar  untuk mendapatkan alternatif pupuk yang baik dalam rangka mengatasi kelangkaan pupuk non organik bersubsidi. Kali ini kami memfasilitasi untuk pengurus dan anggota Kelompok Tani Pintu Angin Situmbuk dan Kelompok Wanita Taninya”.

Dalam sosialisasinya, pembicara dari Tim Satgas Eco Farming Sumbar-Riau-Jambi, Ir. Hariyadi menyampaikan,”Eco Farming merupakan teknologi pupuk organik yang ramah lingkungan dan ramah terhadap tanah yang dibuat oleh putra Indonesia sedemikian rupa sehingga dapat dikemas dalam bentuk briket seberat 30 gram yang harus dijadikan biang dengan 1 liter air. Biang 1 liter air tersebut dapat mengcover area sekitar 1 hektar setelah dicampurkan dengan air sebanyak 400 liter. Jadi aplikasinya sangat mudah dan bisa menekan biaya petani serta tanah dapat gembur kembali”.

Pada sesi tanya jawab terlihat antusias peserta yang hadir yang menanyakan perihal teknis pengecekan kondisi tanah dan cara pengolahan yang baik serta cara aplikasi pupuk organik dan pengenalan dasar jenis jenis tanah.

Selesai sosialisasi, Ketua Kelompok Tani Pintu Angin, Dedi Syafril menyampaikan,”Kami mengucapkan terima kasih karena bertambah ilmu kami tentang pupuk organik dan semoga alternatif pupuk organik ini dapat mengatasi kelangkaan pupuk kimia (non organik) dan mengatasi kesulitan birokrasi / administrasi memperoleh pupuk subsidi”.

Selain itu, pemilik kios pupuk MTJ, Edrison Y turut menyampaikan ,”Semoga dengan aplikasi pupuk organik ini dapat merubah tekstur tanah lebih baik dan bersahabat dengan alam dengan harga yang terjangkau dan mudah diperoleh para petani”.

Baca Juga :  Mahasiswa Prodi S3 IKB UNP Gelar Diskusi Akademik

Kegiatan sosialisasi pupuk organik Eco Farming ini turut dihadiri oleh PPN Situmbuk, Pengurus dan Anggota Kelompok Tani Pintu Angin serta Kelompok Wanita Tani. (MI/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600