Festival ‘Tabek Ganggam’ Nagari Cubadak Resmi Dibuka Bupati Tanah Datar

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Setelah sukses menggelar kegiatan festival Talago Duo Nagari Tabek Patah, kini giliran Pokdarwis Tabek Ganggam Festival di Nagari Cubadak, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar menggelar kegiatan satu Nagari satu event yang resmi dibuka Bupati Eka Putra SE. MM yang ditandai dengan pemukulan tontong berusia ratusan tahun.

Melalui satu nagari satu event, Festival Tabek Ganggam dapat menggali potensi nagari serta membangkitkan semangat berkesenian dan berbudaya bagi generasi muda di Nagari Cubadak.
Hal tersebut diungkapkan Bupati Eka Putra dalam sambutannya saat membuka secara resmi Festival Tabek Ganggam, Sabtu, (20/8/2022).

“Saya mengucapkan apresiasi setinggi tingginya kepada masyarakat yang telah berhasil mengangkat budaya dan kearifan lokal anak nagari dalam Festival Tabek Ganggam ini,” kata Bupati Eka Putra.

:Satu nagari satu event’ merupakan program unggulan Pemkab Tanah Datar yang tujuan utamanya memang untuk melestarikan kebudayaan lokal nagari, wisata alam, dan memberikan kesempatan pada anak anak muda untuk berkreasi.

Dengan adanya festival ini kata Bupati, anak nagari bisa berkumpul bersama dengan angku-angku niniak mamak, bundo kanduang, tokoh masyarakat sambil memberikan arahan kepada pemuda dan pemudi.

Tanpa disadari, dengan adanya kebersamaan tersebut, akan terjadi komunikasi antara mamak dengan kamanakan hingga memunculkan kembali adat salingka nagari.
“Dengan adanya kebersamaan itu, mereka belajar adat salingka nagari, ini yang lama saya sudah tidak mendengarnya. Ini lah yang harus kita munculkan kembali bersama sama,” katanya.

Bupati mengharapkan, kegiatan event yang menggali potensi dan budaya nagari tersebut, juga diiringi dengan program unggulan Tanah Datar lainnya yaitu satu rumah satu hafiz/hafizah.

“Seperti tadi ada anak balita yang bisa belajar gendang, mudahan-mudahan ini diiringi juga dengan program kami satu rumah satu hafiz. Ini akan indah pada masanya, mulai dari Wali Nagari, Camat, Dandim, bahkan Kapolres, semuanya akan menjadi penghafal alquran di Tanah Datar,” harapan Bupati.

Baca Juga :  DarmaTani Akhirnya Resmi Berjodoh

Wali Nagari Cubadak Asrizalis mengatakan Festival Tabek Ganggam akan dilaksanakan selama dua hari 20-21 Agustus 2022.

Semua potensi yang ada di Nagari Cubadak akan ditampilkan pada festival Tabek Ganggam, disamping kuliner UMKM, juga ada olahraganya, religi, budaya, dan kearifan lokal yang berkolaborasi menjadi satu titik.

“Inilah dampak yang diharapkan pada satu nagari satu event di Festival Tabak Ganggam ini,” katanya. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email