Festival Budaya Desa Terindah Pariangan Berakhir, 7000 orang Pengunjung dan 1.2 Milyar Transaksi

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Pelaksanaan Festival Pesona Pariangan Nagari Terindah di Nagari Pariangan, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar telah selesai dan dinilai berjalan lancar dan sangat sukses.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Tanah Datar Elizar, saat menutup secara resmi di Pariangan pada Minggu, (26/6/2022) malam, menyampaikan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada pihak yang terlibat dan berjuang mensukseskan cara.

“Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada Wali Nagari Pariangan, Pokdarwis, Panitia Penyelenggara, Kurator, Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan lainnya yang telah membantu terlaksananya event ini sehingga pelaksanaan acara telah berjalan dengan aman dan sukses dan merupakan rangkaian ketiga Satu Nagari Satu Event 2022,” katanya.

Ia mengatakan, pelaksanaan Festival Pesona Pariangan Nagari Terindah menampilkan berbagai seni budaya dan kearifan lokal yang ditampilkan oleh sanggar anak nagari di Pariangan, pameran, bazar, UMKM, dan acara memasak oleh Lord Adi.

Nagari Pariangan juga memiliki potensi yang diakui baik di tingkat nasional maupun internasional, seperti dipercaya sebagai lokasi asal usul orang Minangkabau, potensi wisata dan kuliner spesifik, pada 2012 dijadikan sebagai desa terindah versi majalah budget travel, sebagai lokasi pengambilan api Porprov dan PON Sumbar, dan 2022 ditetapkan oleh Kemenpar 50 besar ADWI.

“Berdasarkan hal tersebut adalah pengakuan dan apresiasi atas potensi di Nagari Pariangan, namun kita tidak boleh berpuas diri dan terus dilakukan evaluasi. Kami juga berharap panitia jangan berpuas diri, lakukanlah evaluasi agar event ini menjadi event tahunan dan secara profesional sehingga bisa menarik wisawatan lebih banyak lagi ke Pariangan,” katanya.

Baca Juga :  Pemkab Tanah Datar Bantu Panti Asuhan Melalui APBD

Menurut informasi, selama pelaksanaan Festival Pesona Paringan Nagari Terindah 25-26 Juni disaksikan lebih kurang sebanyak 7000 pengunjung dan telah terjadi transaksi sebesar 1,2 Miliar.

“Capaian tersebut sangat luar biasa, itu artinya pelaksanaan satu nagari satu event yang bertujuan untuk melestarikan budaya dan meningkatkan ekonomi masyarakat telah tercapai,” katanya.

Ia mengatakan sekurangnya ada lima hal yang telah didapatkan melalui pelaksanaan satu nagari satu event di Nagari Paringan ini, yaitu terpeliharanya adat istiadat dan budaya Nagari Pariangan, mempromosikan wisata, ekonomi kreatif, meningkatkan kunjung ke Pariangan.

Kemudian, meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dengan adanya transaksi, memperlihatkan masyarakat terlibat langsung dalam pengembangan wisata melaluinya kegiatan.

Pemkab Tanah Datar terus meningkatkan progul satu nagari satu event yang mana pada tahun ini diikuti sebanyak 14 nagari, dan ditargetkan pada tahun 2023 akan ditingkakan menjadi 50 nagari yang akan melaksanakan. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600