Fasilitas Kampus UIN Batusangkar Semakin Lengkap, Mahasiswa Asing Mulai Berdatangan

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Pandemi Covid-19 telah meluluhlantakkan semua sektor kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Pembelajaran yang biasa berlangsung tatap muka harus berubah secara daring, tidak lagi senyaman sebelumnya.

Kini pandemi telah melandai, pemerintah terus melakukan berbagai upaya dalam melakukan pemulihan dunia Pendidikan, termasuk di Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar terus meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan.

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2022/2023, Negara Thailand dan Kamboja kirim Mahasiswa belajar ke UIN Mahmud Yunus Batusangkar.
Sebanyak 10 mahasiswa asing asal Thailand dan Kamboja, telah mendaftar melalui penjaringan beasiswa luar negeri. Mahasiswa asing tersebut akan mengikuti perkuliahan di UIN Mahmud Yunus Batusangkar pada jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Sirajul Munir, M.Pd secara terpisah membenarkan bahwa untuk tahun 2022 ini telah mendaftar Mahasiswa asal Thailand dan Kamboja. Calon mahasiswa asal Thailand berjumlah 7 orang dari Tuntanjong School Thailand sedangkan mahasiswa asal Kamboja dari An-Nikmah Islamic School Potein 3 orang.

“Sementara persyaratan administrasi sudah mereka sampaikan ke UIN Mahmud Yunus Batusangkar, saat ini pengurusan Kartu Izin Tinggal (KITA) dan Visa Izin Tinggal Sementara (VITAS) sedang kita siapkan”

“Lebih lanjut Wakil Rektor III menerangkan sebelum ini sudah ada mahasiswa asing dari berbagai negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Vietnam, Thailand dan Kamboja, bahkan sudah ada yang menamatkan studi nya di UIN Mahmud Yunus Batusangkar”

Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc. Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar mengatakan ini adalah merupakan hasil tindaklanjut MoU di beberapa sekolah di negara-negera tersebut. Kita siap menfasilitasi mahasiswa luar negeri, seperti tempat tinggal, pembekalan Bahasa dan lain-lain.
Bergabungnya mahasiswa luar negeri ke UIN Mahmud Yunus Batusangkar, menjadi visi kita untuk menjadi kampus yang Bereputasi Global. (DO/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600