News  

Even Seni Galanggang Rang Mudo 2 Digelar Pemuda Kreatif Nagari Labuah

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Pemuda pemudi kreatif Nagari Labuah kecamatan Lima Kaum sukses melaksanakan kegiatan seni dan budaya dengan tajuk Galanggang Rang Mudo 2 bertempat di kenagarian Labuah pada Sabtu 15 Januari 2022 dimulai pukul 21.00 WIB sampai tengah malam.

Kegiatan yang diprakarsai oleh pemuda pemudi kreatif anak nagari Labuah ini mendapat dukungan dan arahan dari Wali Nagari, unsur KAN, BPRN dan tokoh pemuda serta tokoh masyarakat Labuah serta bimbingan dari senior seni dan budaya di kenagarian Labuah.

Wali Nagari Labuah, Edi Neldi Khatib Muncak Rajo menyambut hangat kegiatan seni dan budaya yang dipelopori oleh pemuda pemudi tempatan dalam mengekspresikan potensi diri mereka secara positif.

“Kami bangga dan gembira dengan semangat positif yang ditunjukkan pemuda pemudi Labuah ini. Sanggar seni dari Labuah ini sudah pernah tampil saat menyambut Bupati Tanah Datar terplih menginjakan kaki di Indo Jalito sert turut tampil di Festival Seni Budaya Minangkabau di Pagaruyung beberapa waktu lalu” ujar Wali Nagari Labuah.

Sementara itu, Ketua KAN Nagari Labuah, H. Eri Munafri Dt. Majo Indo Nan Karuik menyampaikan pandangan dan harapan akan potensi yang dimiliki kenagarian Labuah ini.

“Segenap elemen bertanggung jawab secara moril atas pengelolaan potensi pemuda pemudi anak nagari Labuah ini. Kami dari KAN Labuah terus mendukung kreativitas positif pemuda pemudi dan mengharapkan kegiatan seni dan budaya ini menjadi agenda tahunan di Kabupaten Tanah Datar,” ujar Ketua KAN Labuah ini.

Pagelaran Seni dan Budaya Galanggang Rang Mudo 2 ini turut dimeriahkan oleh Sanggar Seni dari luar daerah yaitu dari Kabupaten Solok yang menampilkan kesenian randai modern. Kolaborasi pertunjukkan seni tersebut dapat menghibur penonton.

Baca Juga :  UMKM "Donat Dara" Masuk Pasar Online di BALAIKITO

Panitia Pelaksana sangat kreatif mengemas kegiatan seni ini dengan menyediakan stand jajanan kuliner serta stand karya seni anak muda lokal berupa seni rancang bangun miniatur rumah gadang, masjid dan kendaraan truk yang dibuat dari bahan lokal berupa karton dan pelepah kering dari bambu. Jika diamati, karena seni miniatur ini dapat menjadi potensi lain bagi peningkatan ekonomi kreatif anak nagari Labuah dapat merambah pasar lokal dan pasar nasional.

Pagelaran Galanggang Rang Mudo 2 ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian, SH. MH yang pada saat kedatangan disambut dan diiringi dengan seni talempong oleh anak anak sanggar usia muda menuju lokasi pagelaran. (MI/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600