News  

Era Baru Mulai Rotasi dan Mutasi Pejabat Secara Profesional

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Setelah melalui proses uji kompetensi yang cukup lama yang dimulai tanggal 18 November 2021 ujian tertulis, disusul presentasi dan wawancara 8 s/d 9 Des 2021 akhirnya mutasi dan rotasi ditabuh juga. Bupati Tanah Datar Eka Putra didampingi Wakil Bupati Richi Aprian melantik dan mengambil Sumpah Jabatan 6 orang Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama atau setara eselon II di aula Kantor Bupati di Pagaruyung, Jum’at (11/2/2022) sore.

Kegiatan yang baru pertama kali pada tahun 2022 dilakukan untuk eselon II ini turut disaksikan Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Wakil Ketua DPRD Anton Yondra, Sekda Iqbal Ramadi Payana, Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmy Harun, Staf Ahli Bupati dan kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) serta pejabat dan undangan lainnya.

Bupati Eka Putra dalam kesempatan tersebut mengatakan, promosi, mutasi dan rotasi merupakan hal lumrah bagi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan 6 orang PPT Pratama yang dilantik hari ini merupakan hasil seleksi yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Pejabat yang dilantik dan diambil sumpah hari ini merupakan hasil uji kompetensi tahap I beberapa waktu lalu yang diikuti 15 orang,” katanya.

Dikatakan, proses penetapan pejabat yang dilantik telah merujuk pada peraturan perundang-undangan yang diamanatkan untuk mutasi dan rotasi, karena harus melalui uji kompetensi diantara sesama PPT Pratama, dimana proses keseluruhan dilaksanakan oleh panitia seleksi.

“Insya Allah minggu depan akan dilaksanakan uji kompetensi tahap 2 yang akan diikuti 6 orang PPT Pratama lainnya, namun nantinya tidak menutup kemungkinan hasil seleksi kedua tahap itu akan dikombinasikan untuk melahirkan pejabat yang lebih tepat dan sesuai,” ujarnya.

Selanjutnya Eka menekankan seluruh pejabat ataupun ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bekerja keras, keras, cerdas dan tuntas dengan penuh tanggungjawab.

Baca Juga :  Bupati Tanah Datar dan Ketua Pengadilan Tanda Tangani Kesepakatan Kerjasama

“Bekerjalah dengan tanggungjawab yang tinggi, karena tanggungjawab bukan hanya untuk diri sendiri, pemerintah dan masyarakat, namun juga kepada Allah SWT,” sampainya.

Ke depan, kata Eka lagi, minimal setahun ke depan akan dilakukan evaluasi kembali atas kinerja. “Hari ini Saudara juga menandatangani kontrak kerja kinerja agar target kinerja terukur, sehingga bisa bekerja lebih baik lagi,” tukasnya.

Enam PPT Pratama yang dilantik masing-masing Drs. Abrar sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, sebelumnya menjadi Kepala Dinas Kominfo (Komunikasi dan Informatika), Elizar, SH sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat sebelumnya menjabat Sekretaris DPRD.

Selanjutnya Abdul Hakim, SH dari Kadis Parpora menjadi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Suhermen sebelumnya Asisten Pemerintahan dan Kesra menjadi Kadis Pangan dan Perikanan, Drs. Yuhardi sebelumnya Kadis Sosial PPPA menjadi Sekretaris DPRD Tanah Datar, dan terakhir Dr. Alfian Jamrah yang dilantik kembali menjadi Kepala Baperlitbang, karena sudah menjabat selama 5 tahun. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600