News  

Dua Orang Dosen FUAD Wakili IAIN Batusangkar di ICIS 2021

Tanah Datar, Jurnalminang.com. News&Web TV. Dua orang dosen Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Batusangkar yaitu Cut Afrina dan Irwan mempresentasikan makalah pada Internasional Conference on Islamic Studies yang digelar oleh UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Senin sd Rabu, 4 sd 6 Oktober 2021.

Konferensi yang digelar secara daring ini mengangkat berbagai topik seputar kajian keislaman, perpustakaan, literasi dan informasi Islam. Di hari pertama hadir tokoh tokoh nasional sebagai keynote Speaker seperti Susilo Bambang Yudhoyono (Mantan Presiden RI), Lukman Hakim Saifuddin (Mantan Mentri Agama RI dan berbagai tokoh nasional lainnya.

Cut Afrina dan Irwan menampilkan hasil penelitian mereka tentang Model Pengelolaan Literasi dan Kebudayaan yang dilaksanakan oleh TBM di kota Padang Panjang.

Melalui penelitian kedua orang dosen ini disimpulkan bahwa pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di kota Padang Panjang memiliki berbagai kelebihan seperti memiliki layanan yang handal, koleksi buku kebudayaan dan keagamaan yang lengkap, program pelestarian nilai kearifan lokal Minangkabau untuk semua kalangan serta dukungan penuh dari pemerintah Kota Padang Panjang.

“kita salut dengan perhatian serta bantuan Wali Kota Padang Panjang terhadap TBM dan program literasi budaya di Padang Panjang ini. Mereka punya visi untuk menjadi rujukan literasi dunia dan menjadi icon di UNESCO” ujar Irwan ketika berbincang dengan media ini.

Ratusan pemakalah dari dalam dan luar negeri menampilkan berbagai makalah hasil penelitian. Literasi adalah merupakan program dunia untuk meningkatkan SDM dalam berbagai bidang.

“Literasi tidak hanya sebatas baca tulis saja, tetapi sudah mencakup literasi ekonomi, budaya, beragama, literasi digital dan lainnya” jelas Cut Afrina. (Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600