Dr.Yusri Akhimuddin, MA.Hum Meninggal Dunia, IAIN Batusangkar Berduka

  • Bagikan
banner 468x60

Tanah Datar, Jurnal Minang.Com. News&Web TV. Salah seorang dosen terbaik IAIN Batusangkar Dr. Yusri Akhimuddin, MA.Hum meninggal dunia pada hari ini, Minggu 15/08/21 sekitar pukul 10.30 WiB di Rumah Sakit Hermina, Ciputat, Tangerang Selatan. Yusri Akhimuddin yang akrab dipanggil ‘Ajo’ ini adalah putra kelahiran Pauh Kamba, Pariaman.

Menurut informasi yang diperoleh melalui keluarga korban bahwa Yusri Akhimuddin mengalami sakit dan sudah lebih seminggu dirawat di RS Hermina, Ciputat. Beliau meninggalkan satu orang istri dan dua orang putra. Keduanya masih sekolah, yang paling tua sudah jadi mahasiswa di UNRI dan yang kedua masih tercatat sebagai siswa SMA 3 Batusangkar.

banner 336x280

Yusri Akhimuddin dikenal sebagai pribadi yabg sangat bersahaja. Memiliki hubungan baik dengan seluruh kawan di kampus maupun diluar kampus. Disamping sebagai dosen di IAIN Batusangkar beliau juga memiliki usaha Toko Sepatu Yosani cabang Batusangkar.

Dari segi keilmuan, beliau dikenal sebagai salah seorang Filolog yaitu cabang ilmu yang mempelajari berbagai seluk beluk naskah kuno. Beliau aktif di berbagai organisasi pernaskahan baik di tingkat lokal, regional dan Internasional. Beliau pernah mengikuti sandwich program di Jerman dan sudah mengunjungi beberapa negara Eropa untuk kepentingan ilmu manuskrip.

“saya sangat sedih mendengar kabar ini. Saya ditelpon langsung oleh kemenakan beliau tadi pagi untuk mohon doa demi kesembuhan beliau. Tapi tidak beberapa menit setelah itu, terdengar kabar pak Yusri Akhimuddin meninggal dunia” ujar Irwan Malin Basa yang juga sahabat dekat beliau.

Seluruh pihak yang pernah berinteraksi dengan Yusri Akhimuddin turut berdukacita. Tidak hanya di Batusangkar, tetapi dari kampus kampus lain diluar Sumbar serta berbagai organisasi profesi terkait pernaskahan. “kami merasa kehilangan sekali dengan kepergian Pak Yusri Akhimuddin. Beliau adalah Filolog Minangkabau yang sudah banyak berkarya” ujar Pramono, Ph.D dosen Universitas Andalas Padang yang juga seorang Filolog terkenal.

Baca Juga :  RPJMD Tanah Datar Perlu Disempurnakan dan Disinkronkan

Seluruh civitas akademika IAIN Batusangkar berduka. Selamat jalan Yusri Akhimuddin. Semua bersaksi bahwa Ajo Yusri orang baik. Tidak ada yang pernah merasa tersinggung dengan Ajo Yusri. (Red/Jm).

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan