Dosen UIN Mahmud Yunus Batusangkar Lakukan Upaya Peningkatan Literasi Melalui Program INSPIRE

Maluku Tengah, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar, melakukan pengabdian kepada masyarakat di Desa Combir Kesestoren Banda, Maluku Tengah yang merupakan Daerah 3T. Daerah 3T adalah daerah yang tergolong dalam daerah tertinggal, terdepan, dan terluar.

Tim ini terdiri dari 30 orang yang terdiri dari berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenristek Dikti), kegiatan ini dilaksanakan selama satu bulan, dimulai dari tanggal 11 Oktober s.d 8 November 2022.

Cut Afrina, M. IP, sebagai dosen jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar mengatakan bahwa kegiatan pengabdian, kolaborasi Nasional ini dibiayai penuh oleh Lembaga Swadaya Masyarakat Indonesian Sharing Program & Innovation For Enlightenment (INSPIRE).

“Besar harapan saya untuk terus membangun daerah-daerah 3T dalam rangka terus membangun Taman Baca Masyarakat (TBM) dalam peningkatan literasi bagi masyarakat daerah terpencil” tambah Cut Afrina yang merupakan putri asal Aceh ini.

Sementara itu Febri Kurniawan, S.E, selaku pendiri Indonesian Sharing Program & Innovation For Enlightenment (INSPIRE), mengukapkan bahwa kegiatan pembangunan TBM dan peningkatan literasi daerah 3 T merupakan prioritas dari kegiatan pengabdian masyarakat, ditambah lagi dengan berkolaborasi dengan Dosen yang spesifikasi keahliannya di bidang Perpustakaan. Hal ini memberikan peluang yang baik untuk sama-sama meningkatkan minat baca masyarakat daerah 3 T.

Diharapkan dengan adanya PkM kolaborasi tersebut selaras dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus diterapkan setiap kampus, sebagai upaya tindak lanjut dari hasil Audit Mutu Internal (AMI) dan juga sebagai Output untuk Akreditasi Perguruan Tinggi dan juga Jurusan.(CA/Red.JM)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600