Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Pemkab Pasbar Adakan Pelatihan Kewirausahaan untuk UMKM

  • Bagikan
banner 468x60

Pasbar, Jurnal Minang.Com. News & Web TV- UMKM di Indonesia merupakan salah satu sektor pergerakan utama perekonomian nasional. Sehingga potensi usaha mikro, kecil, dan menengah perlu didorong untuk memberikan motivasi sebagai pendorong perekonomian dengan menciptakan wirausaha yang kreatif dan inovatif.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto dalam kegiatan pembukaan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku UMKM angkatan II yang digelar oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Koperasi dan UMKM Senin (28/6/2021) di Hotel Guchi Pasbar.

banner 336x280

“Kewirausahaan dipandang penting karena mampu menyerap ketenagakerjaan dan mendorong pelaku usaha memiliki kreativitas dan inovasi serta berdaya saing. Sehingga setiap pertumbuhan wirausaha diharapkan berpotensi dengan adanya penyerapan tenaga kerja baru”, ungkap Risnawanto,

Lebih lanjut dikatakan Wabup, pelatihan kewirausahaan ini dapat dimanfaatkan bagi pelaku UMKM untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah yang ada di Pasbar. Untuk itu, Wabup Risnawanto meminta agar para pelaku UMKM untuk serius mengikuti pelatihan dan mengikuti seluruh tahapan dan proses pelatihan. Sehingga ilmu yang didapatkan bisa diimplementasikan di tempat masing masing.

“Pelatihan ini dilakukan untuk merubah pola pikir masyarakat. Bahwa menghasilkan uang tidak hanya dan harus bekerja di suatu instansi. Namun bisa dihasilkan dengan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Hilangkan rasa gengsi dalam berwirausaha. Sehingga kedepannya bisa memiliki inovasi dan kreativitas dalam mengembangkan usaha. Apabila usaha yang diciptakan berkembang dengan pesat, hal ini bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang membutuhkan sehingga dapat mengurangi pengangguran” tutur Risnawanto.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM  Sukarni, menyampaikan bahwa pelatihan kewirausahaan dilakukan untuk meningkatkan Produktivitas serta skill pelaku UMKM di Pasaman Barat. Karena Pasaman Barat memiliki banyak potensi usaha di berbagai bidang yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga nantinya tidak perpengaruh terhadap pengangguran di Pasaman Barat.

Baca Juga :  Sikapi Surat Edaran Bawaslu Limapuluh Kota Bentuk Sentra Gakkumdu

“Berbagai bidang usaha dapat dikembangkan di Pasaman Barat ini, salah satunya di bidang kuliner, yang mana bahan produksinya sangat melimpah di Pasbar, seperti jagung/pisang/kacang kacangan dan hasil laut serta bahan lainnya” ujar Sukarni. (RM/Red.JM).

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan