News  

Direktur PPK Kemendikbudristekdikti RI Kunjungi Nagari Pariangan

Tanah Datar, Jurnalminang.com. News& Web TV.  Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan (PPK) pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Dr.Restu Gunawan, M.Hum mengunjungi nagari Pariangan, Senin 25 Oktober 2021. Kunjungan ini dalam rangka melihat perkembangan kegiatan Program Daya Budaya Desa di nagari Pariangan yang dibantu oleh Kemendikbud RI.

Turut hadir dalam kunjungan ini Kepala BPNB Sumbar, Undri, M Si, Kabid Diplomasi Budaya dari Dinas Kebudayaan provinsi Sumbar Ilfitra, Pendampin Budaya Kabupaten Rahma Dewi, serta beberapa pejabat dan staf dari Bidang Kebudayaan Kab. Tanah Datar.

Dari tuan rumah hadir PJ.Wali Nagari Pariangan Mulkhairi, M.Si, Ketua Daya Budaya Desa Randa, S.Pd serta Tenaga Ahli Cagar Budaya (TACB) yang juga putra Pariangan Irwan Malin Basa.

Diskusi berlangsung hangat di kantor wali nagari dan kemudian dilanjutkan dengan minum Kawa Daun sambil melihat pemandangan alam nan indah di jorong Guguak.

“saya kagum dengan kegiatan kebudayaan yang sudah dilakukan di nagari Pariangan. Sudah ada usaha kebudayaan yang berdampak ekonomi seperti pengembangan batik kuno pariangan yang motifnya diambil dari manuskrip kuno” ujar Restu Gunawan.

Sementara itu program Daya Budaya Desa yang akan dilaksanakan adalah pelestarian kuliner tradisional yang ada di nagari tuo Pariangan yang memiliki nilai ekonomi.

“Program ini akan kita laksanakan pada tgl 19 sd 21 November mendatang” jelas Randa, S.Pd yang ditunjuk sebagai Pendamping Daya Budaya Desa.

Untuk tahun 2022 program yang sangat diharapkan adalah program kebudayaan mulai dari hulu sampai ke hilirnya sehingga memberikan dampak ekonomis seperti pengobatan tradisional yang dikemas sebaik mungkin, racikan obat herbal, dll. (Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600