Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov.Sumbar Gelar Sosialisasi PTP di Tanah Datar

Tanah Datar – Jurnal Minang.com. News&Web TV. Baru baru ini Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat Kamis, 3 November 2022 melalui Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar menggelar sosialisasi pengembangan tanaman pinang, bertempat di BPP Kecamatan Padang Ganting.

Hadir dalam giat tersebut, Azmal Az, S.P, M.P pejabat fungsional didampingi tim dari provinsi, dari Kabupaten Tanah Datar Ir. Deswita bersama tim, Koordinator BPP dan penyuluh pertanian, di Kecamatan Padang Ganting, Kecamatan Rambatan, Kecamatan Batipuh, Kecamatan Tanjung Baru dan masing masing perwakilan kelompok tani penerima bibit.

Azmal saat di wawancarai awak media terkait kegiatan tersebut, mengatakan bahwa giat yang dilakukan dananya bersumber dari pokok pikiran Anggota Dewan Provinsi Sumbar (Pokir).

“Kegiatan ini terlaksana karena adanya program unggulan (Progul) dari Gubrernur Sumbar, dalam hal ini untuk membantu petani 10% dari APBD. 10% dari APBD inilah yang di salurkan anggota dewan yang terhormat Bapak Taufik Syahrial melalui Pokirnya,” kata Azmal, dilansir dari Portal berita Reportaseinvestigasi.com.

Lanjut Azmal menjelaskan tahapan tahapan yang dilakukan, mulai dari sosialisasi tentang tatacara menanam pinang, teknis dan masih banyak lagi.

“Seperti yang kita lakukan saat sekarang ini, sosialisasi cara menanam bibit pinang, kemudian kita juga menjelaskan teknis penerimaan bantuan bibit itu seperti apa, apa yang harus disiapkan petani, dan apa apa pula yang harus diketahui petani cara bercocok tanam nya,” jelas Azman.

Lebih lanjut Azman menerangkan tahapan yang akan dilakukan petani usai mengikuti sosialisasi.

“Setelah sosialisasi nantinya, barulah datang bibit dan pupuk. Selanjutnya setelah bibit datang maka akan dilihat kesesuaian nya dengan yang didapatkan, contohnya jika bibitnya 10.000 maka yang datang harus cukup segitu dan begitu juga dengan jumlah pupuknya,” terang nya.

Baca Juga :  Bupati Tanah Datar Berikan Sambutan pada Apel Siswa se-Tanah Datar dalam Rangka Sosialisasi Keselamatan Berlalulintas

Usai bibit serta pupuk tersebut datang nantinya, tidak langsung dibagikan. Namun akan menunggu datang nya tim pemeriksa.

“Setelah diperiksa, sesuai dengan kecocokanya tadi barulah, diserahkan. Bisa jadi nantinya itu tu, bersamaan dengan Anggota dewan yang terhormat H. Taufik Syahrial membagikanya,” tutupnya.

Salah seorang peserta sosialisasi Eri saat diwawancarai, menyampaikan perasaan nya usai mengikuti giat tersebut.

“Kami sebagai kelompok tani di Kecamatan Padang ganting, Kabupaten Tanah Datar sangat senang dan bangga dapat bantuan bibit pinang dari salah seorang anggota dewan yang terhormat, bapak Taufik Syahrial. Yangmana melalui Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar dalam program pengadaan bibit pinang ini, kami sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena juga termasuk progul provinsi,” ungkap nya.

Kembali ia mengucapkan rasa terima kasinya kepada anggota dewan yang tidak dapat hadir mengikuti giat sosialisasi.

“Terima kasih juga kepada bapak Taufik Syahrial yang sangat memperhatikan kelompok tani yang ada di kabupaten Tanah Datar,” tutup nya.

Sementara itu, tim dari Dinas Pertanian Tanah Datar melalui Deswita bidang perkebunan saat diwawancarai terkait giat tersebut mengatakan bahwa bantuan tersebut sesuai dengan potensi yang bisa dikembangkan di Luhak Nan Tuo.

“Kami berterima kasih sekali atas kegiatan bantuan bibit pinang yang sangat bermanfaat. Potensi lahan kita juga sangat memenuhi syarat untuk dilakukan pengembangan tanaman pinan,” ucap Deswita yang merupakan penyuluh pertanian di Kabupaten Tanah Datar.

Ia berharap nantinya, dengan bantuan bibit pinang tersebut dapat menggeliatkan ekonomi masyarakat Tanah Datar.

“Harapan kita, bantuan bibit linang ini nantinya dapat membangtu roda ekonomi masyarakat tani di Kabupaten Tanah Datar. Khususnya di Kecamatan Padang Ganting, Kecamatan Batipuh Selatan, Kecamatan Rambatan dan Kecamatan Tanjung Baru yang di berikan bibit jenis pinang Batara. Karena jenis ini jenis pinang yang unggul tingkat nasional,” harap nya.

Baca Juga :  Pimpinan RSUD Hanafiah Batusangkar Komit untuk Tingkatkan Pelayanan Kepada Pasien

Semenatara itu untuk kendala sendiri, tantangan bibit pinang tidak begitu ada dibandingka komuditi lainya.

Usai mengikuti sosialisasi tersebut, para kelompok tani nantinya diharapkan dapat meningkatkan hasil panen dan menghindari gagal panen yang diakibatkan salahnya proses penanaman.

Dikabarkan tadinya, untuk bantuan bibit yang nantinya akan disalurkan tersebut datang pada pertengahan bulan. (RZ/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email