Dinas Pendidikan Sumbar Gelar Pertemuan di Gedung Maharajo Dirajo Batusangkar

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Guna meningkatkan silaturahmi sesama jajaran pendidikan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sumatera Barat  Wilayah IV  yang membawahi Kota Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota Dan Tanah Datar, Rabu (30/3/22) melakukan temu ramah, bertempat di Gedung Nasional  Maharajo Dirajo Batusangkar.

Kegiatan ini dihadiri oleh  Pengawas SMA/SMK/SLB,Kepala Sekolah SMA/SMK/SLB dan swasta ,Ketua Komite dan yayasan SMA/SMK/SLB Negeri dan swasta secabang Dinas Pendidikan Wilayah IV.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Drs.Asricum, M,Pd mengatakan, sehubungan dengan kegiatan pembelajaran di bulan Ramadhan  tahun 1443 H/2022 M. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Sumatera Barat  mengundang Bapak dan Ibuk  hari ini dengan acara, Temu Ramah bersama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, dan melaksanakan Rapat Persiapan Pasantren Ramadhan 1443 H/2022 M.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Drs.Barlius, MM pada kesempaten tersebut memperkenalkan dirinya yang mana sebelum menjabat jadi kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dia menjabat sebagai kepala Badan Penanggulangan Bencana  Daerah Sumatera Barat.

“Tetapi sebelum menjabat kepala BPBD Sumbar saya menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang  dan sebelumnya pernah jadi guru, Kepala SMP dan juga kepala SMA baik itu di Padang dan juga di Kabupaten Padang Pariaman, Jadi masalah pendidikan tidak asing lagi bagi saya” ungkap Barlius.

Selanjutnya Barlius mengatakan, kepala sekolah harus inovatif dan kreatif dalam memimpin pendidikan, maju mundurnya suatu sekolah terletak di tangan kepala sekolahnya. Bila kepala sekolahnya tidak inovatif maka sekolah tersebut akan mundur dan tidak akan berprestasi.

Komite sekolah berperan untuk membantu sekolah dalam  terlaksananya pendidikan di sekolah tersebut. Bila mempunyai komitmen yang tinggi terhadap pindidikan di sekolah, maka sekolah tersebut akan maju dan baik, kalau tidak, maka sekolah tersebut akan berjalan di tempat. Maka dari itu di sekolah diperlukan kerjasama yang solid antara kepala sekolah dan komite, begitu pula dengan ketua yayasan.

Baca Juga :  Kebakaran di Piliang, Limakaum, Satu Gudang Ludes

“Bila komite, Ketua Yayasan sering bertengkar dengan kepala sekolah kita yakin sekolah tersebut tidak akan maju dan berprestasi,” ujar Barlius.

Dalam menghadapi Bulan Suci Ramadhan 1443 H/2022 ini kepala sekolah harus menugaskan siswanya untuk mengikuti kegiatan Ramadhan apakah itu Shalat Tarwih, Tadarusan dan kegiatan amal lainnya dan untuk ini kiatnya diserahkan kepada masing-masing kepala sekolah untuk menggiatkan Pesantren Ramadhan tahun  ini, harap Barlius.

Dalam temu ramah tersebut juga dilakukan tanya jawab dengan ketua komite yang  mengharapkan Kepala Dinas Pendidikan Sumbar untuk memfasilitasi terbentuknya forum Komite Sekolah SMA/SMK/SLB se Sumbar, yang merupakan ajang komunikasi bagi ketua komite dalam mengambil kebijaksanaan  mengenai pemungutan  uang komite nantinya, karena selama ini masalah uang komite sering dibawa-bawa oleh oknum ke ranah hukum. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600