News  

Dinas Pangan& Perikanan Tanah Datar Berikan Pelatihan kepada Kelompok Tani Sawah Bandar

Tanah Datar, Jurnalminang.com. News&Web TV. Rangkaian kegiatan program P2L (Pekarangan Pangan Lestari) Kabupaten Tanah Datar Tahun 2021, Dinas Pangan & Perikanan Kabupaten Tanah Datar melaksanakan program pelatihan kepada pengurus dan anggota kelompok tani penerima program P2L Tahun 2021.

Bertempat di Mushalla Nurul Ikhlas, Dobok, Jorong Kuburajo telah diadakan Pelatihan Tematik Kegiatan P2L yang dibuka langsung oleh Ir. Hilmi selaku Kadis Pangan & Perikanan Kabupaten Tanah Datar.

Dalam sambutannya, Ir. Hilmi menyampaikan motivasi dan harapan kepada segenap anggota kelompok tani agar senantiasa amanah dan bertanggung jawab menjalankan program tersebut sebagai bagian dari kemitraan dan untuk memperoleh kredit poin prestasi kelompok tani di mata pemegang kepentingan.

Selain itu Ir. Hilmi juga menyampaikan bahwa manfaat hasil pengembangan usaha P2L sepenuhnya menjadi keuntungan bagi anggota dan bagi kelompok tani. Untuk itu agar program tersebut dijalankan dengan sungguh-sungguh untuk perbaikan taraf hidup anggota kelompok tani dan dapat mengurangi ketergantungan membeli sayur ke pasar karena akan bisa dipasok dari hasil pengelolaan pekarangan rumah masing-masing.

Pelatihan ini diikuti oleh segenap Pengurus dan Anggota Kelompok Tani Sawah Bandar sebanyak 30 orang dengan fasilitornya Rumsyah.

Materi yang disampaikan meliputi tujuan dan manfaat program P2L, cara membuat pupuk kompos, cara memanfaatkan pekarangan rumah agar memiliki nilai komersil dan pentingnya manfaat pupuk organik dibanding penggunaan pupuk non organik.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut staff Dinas Pangan & Perikanan Kabupaten Tanah Datar dan Koordinator BPP Kecamatan Lima Kaum, Rosdinel, SPt serta didampingi oleh Penyuluh Pertanian Nagari, Vermotanilda, SPt.

Rosnidel Spt. menitipkan harapan dan saran agar anggota kelompok tani Sawah Bandar senantiasa kompak dan menjalankan sistim piket untuk berbagi tugas dan kewajiban agar usaha dan program P2L ini berjalan lancar dan senantiasa berkoordinasi dengan Penyuluh Pertanian Nagari.

Baca Juga :  IAIN Batusangkar Lakukan Audit Sertifikasi ISO 9001-2015

Ketua Kelompok Tani Sawah Bandar, Yasrizal menyampaikan penghormatan atas kunjungan Kadis Pangan & Perikanan Tanah Datar berserta tim serta kunjungan Koordinator BPP Kecamatan Lima Kaum serta menyampaikan terima kasih yang mendalam atas ilmu, arahan dan nasehat yang diberikan.

Kegiatan ini diakhiri dengan kunjungan ke Rumah Bibit Kelompok Tani Sawah Bandar sambil diberikan arahan oleh fasilitator bagaimana perlakuan yang tepat untuk merawat dn mengembangkan bibit sehingga menjadi bibit yang layak untuk di tanam di pekarangan nantinya. (MI/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600