Dinas Dukcapil Tanah Datar Raih Juara Pertama Sebagai OPD Paling Inovatif

Batusangkar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Dinas Dukcapil Tanah Datar keluar sebagai juara pertama sebagai perangkat daerah terinovatif tahun 2022. Tempat kedua diraih BKPSDM Tanah Datar dan juara ketiga DPMPTSP Naker.

Demikian dikatakan Kadis Dukcapil Tanah Datar Drs.H.Armen Yudi, M.Si Jumat 16/12-2022 sehubungan diraihnya prestasi sebagai OPD terinovatif tahun 2022.
Dalam rangka untuk mewujudkan Progul Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar, Dinas Dukcapil Kab. Tanah Datar telah melaksanakan peningkatan kapasitas SDM Petugas Pelayanan Administrasi Kependudukan melalui Bimbingan Teknis Akselerasi Layanan Adminduk melalui inovasi TRISULA DUKCAPIL MEMBAHANA bagi Petugas Kecamatan dan Petugas Registrasi Nagari (PRN).

Bimtek bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM petugas kecamatan dan nagari dalam melakukan percepatan dan akselerasi layanan administrasi kependudukan khususnya pelayanan di kecamatan dan nagari sehingga harapan penerbitan paling lama 1 x 24 jam dapat diwujudkan di Kabupaten Tanah Datar.

Setiap petugas baik yang ada di Dukcapil, Kecamatan dan Nagari agar senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Pelayanan dapat diakses masyarakat dimana saja dan kapan saja.
Selanjutnya Petugas Registrasi Nagari harus mampu memberikan pelayanan yang cepat, mudah dan dekat; dan pelayanan administrasi kependudukan dapat membahagiakan masyarakat.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, Dukcapil Tanah Datar akan memberikan peningkatan peran dan fungsi Petugas Registrasi Nagari (PRN) melalui pemberian hak akses aplikasi Siak Terpusat sehingga permohonan dokumen yang diajukan masyarakat sudah dapat diinput langsung oleh PRN ke dalam aplikasi Siak dan setelah diverifikasi petugas Dinas, dokumen sudah dapat langsung di cetak dan diberikan kepada masyarakat,” imbuh Armen.

“Peningkatan peran PRN sbg salah satu pilar dalam Trisula Dukcapil Membahana ini, dapat menjadi pendorong pencapaian progul daerah yaitu meningkatkan pelayanan yang dekat dan mudah diakses masyarakat. Hal ini juga menjadi momentum menjadikan nagari sebagai pelayanan terdepan di Tanah Datar,” ujar Armen Yudi yang baru saja usai mengikuti Diklat Pim dua bersama Ka.Inspektorat Desi Rima,SH.

Baca Juga :  DPRD Payakumbuh Dorong Wali Kota Siapkan Kriteria Penerima Bantuan

Berkat keberhasilan meningkatkan layanan dengan berbagai inovasi tersebut, DPRD Kabupaten Siak dan Inhil berkunjung belum lama ini guna study banding ke Dinas Dukcapil Tanah Datar. Rombongan merasa takjub dan terkesima karena meskipun anggaran kecil namun mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui inovasi. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email